Lampung Selatan (ANTARA) - Kepolisian resor (Polres) Lampung Selatan memperkirakan gelombang kedua arus balik akan terjadi pada 1-2 Mei 2023 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami prediksi gelombang kedua arus balik terjadi pada 1-2 Mei," kata Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edwin saat ditemui di Pelabuhan Bakauheni, Kamis.
​​
Edwin menjelaskan, untuk gelombang pertama sesuai perkiraan sebelumnya, gelombang arus balik terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

"Gelombang pertama tepat karena Edwin beberapa perkantoran di Jakarta dan sekitarnya sudah mulai beraktivitas pada 25 dan 26 April 2023," katanya.

Sedangkan perkiraan gelombang kedua pada 1 dan 2 Mei 2023 karena kegiatan belajar mengajar (KBM) anak sekolah mulai bergulir kembali pada 2 Mei setelah libur Hari Buruh.

Baca juga: ASDP: H+3 dari Bakauheni ke Merak capai 111.875 orang

Karenanya, Edwin beserta jajaran akan terus melakukan pemantauan di Pelabuhan Bakauheni guna memastikan keamanan para pemilir.

"Kita kerahkan 360 personel dan total gabungan TNI dan Pemda ada 681personel akan bertugas sampai dua Mei nanti," kata Edwin.

Ratusan petugas itu ditempatkan di beberapa titik pelabuhan guna mengantisipasi adanya aksi kriminal.

Selain itu, petugas juga dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di area pelabuhan saat terjadi kemacetan.

Sebelumnya, tercatat ada 123.323 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Bakauheni Lampung menuju Pelabuhan Merak Banten.

Baca juga: Polisi imbau pemotor di pelabuhan Bakauheni antisipasi perubahan cuaca

Data tersebut dirilis Angkutan Danau Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Merak pada periode 25 April hingga 26 April 2024.

Data tersebut terbilang naik jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada H+2 Lebaran yakni 111.214 orang.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023