Jakarta (ANTARA News) - Pengelola wahana wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta memperkirakan sekitar 50 ribu pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia akan datang menghabiskan malam pergantian Tahun Baru 2013 di tempat tersebut.

Menurut Humas TMII Sunarti, Senin, jumlah pengunjung tersebut akan meningkat lebih besar dari total pengunjung di hari biasa yang mencapai sebanyak 20 ribu pengunjung.

"Berkaca pada malam pergantian tahun sebelumnya, total pengunjung bisa mencapai antara 40 ribu hingga 50 ribu. Lebih tinggi dari pengunjung hari biasa yang mencapai 20 ribu, dan pengunjung hari libur biasa yang hanya 30 ribu," kata Sunarti kepada ANTARA, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin.

Sunarti mengatakan mayoritas pengunjung berasal dari Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Namun tidak tertutup kemungkinan kedatangan pengunjung dari luar Pulau Jawa seperti Lampung dan sekitarnya.

Menurut dia, harga tiket Taman Mini Indonesia Indah akan mengalami kenaikan menjadi Rp25 ribu dimulai pada pukul 16.00 WIB, Senin (31/12). Harga tersebut merupakan harga khusus untuk malam tahun baru.

"Kalau hari biasa dan sebelum jam 16.00 WIB, harga sama Rp9.000," ujar dia.

Menurut Sunarti, pihaknya akan menyuguhkan berbagai pagelaran musik dan budaya hingga pesta kembang api untuk memeriahkan malam pergantian Tahun Baru 2013. Nuansa pergantian tahun baru di kompleks Taman Mini Indonesia Indah akan dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Pada Senin (31/12) sore kawasan Taman Mini Indonesia Indah terlihat mulai dipadati pengunjung yang datang baik dengan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, maupun dengan menggunakan bus-bus besar.

Sebanyak 500 aparat keamanan akan membantu mengamankan kompleks Taman Mini Indonesia Indah sepanjang malam pergantian Tahun Baru 2013.
(R028)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012