Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.400 penumpang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta melalui KM Kelud menuju Batam, Tanjung Balai Karimun, dan Belawan pada Kamis (27/4).

"Data terbaru jumlah penumpang naik 2.400 orang naik KM Kelud jam 12 malam tujuan Batam, Tanjung Balai Karimun dan Belawan," ujar Kepala Urusan Operasional PT Pelni Tanjung Priok Adi Biran saat berbincang dengan ANTARA di Jakarta, Kamis.

Adi mengatakan, KM Kelud didominasi oleh penumpang dengan tujuan Batam. Sedangkan sisanya turun di Tanjung Balai Karimun dan Belawan.

Baca juga: Pelni Baubau mencatat penumpang arus balik H+4 capai 3.673 orang

Adi memperkirakan puncak arus milir Lebaran 2023 yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok terjadi pada 29 dan 30 April 2023. Berdasarkan data Pelni, pada Sabtu (29/4) akan tiba tiga kapal di Terminal Penumpang Nusantara yakni KM Ciremai pukul 07.00 WIB, KM Dobonsolo pada 08.00 WIB dan Gunung Dempo pukul 22.00 WIB.

"Hari ini tidak ada kapal tiba, pemberangkatan hari ini cuma satu. Tadi ada sebenarnya KM Dobonsolo cuma kapal kosongan, tidak bawa penumpang, dia ke Semarang untuk mengangkut arus balik. Nanti Sabtu Minggu ramai, Sabtu saja ada tiga kapal," kata Adi.

Sementara itu, Adi mengatakan pemudik sudah tersosialisasi dengan baik perihal pembelian tiket kapal secara daring. Rata-rata penumpang yang datang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, sudah memiliki kode pemesanan tiket yang nantinya dicetak di loket.

Baca juga: Pelni Manokwari sebut arus balik penumpang mulai H+4

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023