Alhamdulillah kami hitung dari 19 April hingga 25 April 2023 beredar uang Rp26,9 miliar dengan adanya gerakan masyarakat dan perantau yang datang ke Kota Padang.
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, mengklaim uang yang beredar di kota berpenduduk 900 ribu jiwa tersebut mencapai Rp26,9 miliar saat libur Idul Fitri 1444 Hijriah .

"Alhamdulillah kami hitung dari 19 April hingga 25 April 2023 beredar uang Rp26,9 miliar dengan adanya gerakan masyarakat dan perantau yang datang ke Kota Padang," kata Wali Kota Padang Hendri Septa saat menutup Festival Muaro Padang di Padang, Kamis.

Ia mengatakan kedatangan perantau ke Kota Padang saat libur Idul Fitri membuat terjadi perputaran uang dan menghidupkan ekonomi masyarakat.

Baca juga: BI: Uang beredar tumbuh melambat pada Maret 2023

Menurut dia ini yang coba dituju pemerintah dengan menggelar Festival Muaro Padang di kawasan Batang Arau Kota Padang 24 April hingga 27 April 2023.

"Kami ingin membangkitkan ekonomi masyarakat yang lesu akibat pandemi COVID-19," kata dia.

Ia berharap Festival Muaro Padang ini terus berjalan setiap tahun dengan melibatkan UMKM lokal dan pedagang yang ada di Kota Padang sehingga membuat ekonomi bergerak.

Festival Muaro Padang akan digelar di kawasan Muaro Kota Padang dan akan menghadirkan sejumlah kegiatan di antaranya Selaju Sampan, Festival Bakcang dan Lamang Baluo, Padang Fashion Carnaval, Festival Marandang, Festival Jemur Bonsai dan Pekan Ekonomi Kreatif.

Festival ini digelar di kawasan Batang Arau Jembatan Siti Nurbaya dan Pemkot Padang akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk menyukseskan kegiatan tersebut yang bertujuan menghibur perantau dan masyarakat yang berlibur ke kota tersebut.

Baca juga: BI sebut puncak uang beredar terjadi pada Ramadhan dan Idul Fitri

Meski Kota Padang sempat digoyang gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter pada Selasa (25/4) dinihari namun hal ini tidak menyurutkan semangat pemerintah dan warga Kota Padang melanjutkan kegiatan tersebut.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Djoinaldi memprediksi perputaran uang di Kota Padang lebih dari Rp26,9 miliar karena kota ini menjadi kota yang paling ramai dikunjungi perantau dan masyarakat saat libur.

"Saya memprediksi mencapai Rp100 miliar lebih uang berputar di libur lebaran saat ini. Saya berharap Festival Muaro Padang ini terus berlanjut setiap tahun dan semakin banyak melibatkan pelaku usaha lokal untuk menjual barang dagangannya," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023