"Pada H+4 kita total ada 28 penerbangan, sedangkan H+3 ada total 26 penerbangan tapi jumlah penumpangnya pada H+3 lebih tinggi,"
Pangkalpinang (ANTARA) - Arus penumpang angkutan udara di Bandara Depati Amir Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada H+4 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tercatat 4.081 atau mengalami penurunan dibandingkan H+3 tercatat 4.098 penumpang.

"Sedikit mengalami penurunan pada H+4 ini dan berjalan dengan lancar," kata General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang Mochammad Adiwiyatno di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan meski pada H+4 jumlah penumpang berangkat dan datang mengalami penurunan, namun untuk jumlah penerbangan justru meningkat dibandingkan hari sebelumnya.

"Pada H+4 kita total ada 28 penerbangan, sedangkan H+3 ada total 26 penerbangan tapi jumlah penumpangnya pada H+3 lebih tinggi," katanya.

Ia menjelaskan pada H+4 penumpang berangkat dan datang melalui Bandar Udara Depati Amir didominasi dari pintu keberangkatan.

"Pada pintu keberangkatan jumlah penumpang mencapai 2.189 sedangkan pada pintu kedatangan sebanyak 1.892," katanya.

Menurut dia hal ini dipengaruhi mulai banyaknya penumpang yang kembali ke daerah asal setelah menghabiskan mudik lebaran.
Ia menambahkan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya H+4 pada 2022 yakni sebanyak 4.888 penumpang juga mengalami penurunan.

"Penurunan ini karena faktor jumlah penerbangan yang lebih banyak yakni 38 penerbangan, sementara pada H+4 2023 sebanyak 28 penerbangan," katanya.
Baca juga: H+3, penumpang di Bandara Pangkalpinang capai 4.098 orang
Baca juga: Bandara Pangkalpinang tambah penerbangan jadi 34 kali
Baca juga: Bandara Depati Amir Pangkalpinang kurangi jam operasi

Pewarta: Aprionis
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023