Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga yang melakukan mudik, baik melalui jalur darat maupun laut, mengapresiasi kinerja Polri bersama instansi pemerintah terkait dalam penyelenggaraan dan pengamanan Lebaran 2023.

Dalam video tanggapan yang dibagikan Divisi Humas Polri, Kamis, sejumlah warga menyampaikan apresiasi serta tanggapannya terkait dengan penyelenggaraan mudik Lebaran 2023 yang lancar dan aman.

Firdaus, pemudik yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera dari Pelabuhan Merak, Banten, menilai perjalanan mudiknya tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Meskipun ada puncak kemacetan, tidak menjadi kendala.

"Alhamdulillah, tidak terkendala kemacetan karena terorganisasi, dari polisi dibatasi jalannya dan dari Jakarta ke arah Jawa Barat lancar sejauh ini," kata Firdaus.

Dari sisi keamanan, Firdaus juga merasakan kenyamanan, terutama terhindar dari percaloan tiket. Dia pun berharap ke depan pelayanan mudik Lebaran dapat terus ditingkatkan.

"Sampai pelabuhan saya tidak terkenal calo tiket. Pesan kepada polisi lebih ditingkatkan lagi agar suasana mudik tahun depan bisa jauh lebih baik lagi," kata Firdaus.

Senada dengan Firdaus, Anton (pemudik lainnya yang melakukan perjalanan kembali ke Jakarta dari kampung halamannya di Sumatera) mengaku tidak menemukan kendala macet selama di perjalan.

Menurut Anton, mudik tahun ini sesuai dengan harapan para pemudik lainnya, yakni lancar dan aman selama di perjalanan.

"Alhamdulillah, tahun ini arus mudiknya lancar dan aman tidak ada kendala macet sama sekali. Ya, sesuailah dengan angan-angan kita yang mau mudik, tidak ada hambatan sama sekali untuk perjalanan. Alhamdulillah, kami sekeluarga bisa lancar dan aman. Di kapal juga tidak ada hambatan, ya, untuk pembelian tiket, alhamdulillah lancar," ujar Anton.

Baca juga: Pemudik puas atas kinerja Polri arus mudik dan balik berjalan lancar
Baca juga: Ganjar sebut arus mudik Lebaran 2023 relatif lancar


Rasa aman dan lancar dalam pengaturan arus mudik di Pelabuhan Merak juga dirasakan oleh pemudik kaum emak-emak. Musdalifah berterima kasih atas kelancaran arus mudik dan milir yang dirasakannya.

"Semuanya petugas lalu lintas, terutama kapolres terima kasih. Untuk aturan jalur lalu lintasnya, bagus banget, tidak ada macet. Pokoknya mantap pada tahun ini," kata Musdalifah.

Keamanan dan kenyamanan penyelenggaraan mudik Lebaran 2023 juga dirasakan pemudik menggunakan angkutan umum. Seperti yang dirasakan Tiwi, pemudik asal Lampung.

Tiwi mengaku tidak ada rasa waswas akan tindak kejahatan selama melakukan perjalanan mudik dan milir. Perjalanan dari Sumatera ke Pulau Jawa dijalaninya dengan tenang karena adanya penjagaan dan pengamanan yang dilakukan aparat kepolisian di setiap titik.

"Terima kasih juga untuk pihak terkait, polisi-polisi yang amankan daerah rawan macet, pejalan kaki yang sekiranya banyak copet untuk tahun ini, alhamdulillah lancar. Sudah tidak ada kendala sama sekali. Perjalanan mudiknya lancar," kata Tiwi.

Polri bersama pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, ASDP, dan Jasa Marga bekerja sama untuk mengatur pergerakan 123,8 juta orang yang diperkirakan melakukan pergerakan mudik dapat aman dan berkesan seperti arahan Presiden RI Joko Widodo.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023