Untuk arus lalu lintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta dan sebaliknya cukup lancar
Cirebon (ANTARA) - Jalur arteri Cirebon, Jawa Barat, pada H+4 atau Kamis (27/4) malam ramai lancar untuk jalur arah Jakarta didominasi kendaraan sepeda motor sedangkan arah ke Jawa Tengah dipadati kendaraan pengangkut barang serta bus.

Kepala Pospam Pemuda, Polres Cirebon Kota Iptu Rudiana di Cirebon, Kamis, mengatakan jalur arteri baik dari arah Jawa Tengah menuju ke Jakarta maupun arah sebaliknya, terpantau ramai lancar, meskipun ada beberapa perlambatan ketika memasuki persimpangan.

"Untuk arus lalu lintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta dan sebaliknya cukup lancar, peningkatan volume kendaraan memang ada," katanya.

Ia menuturkan untuk jalur arah ke Jakarta dari Jawa Tengah, didominasi kendaraan sepeda motor, sedangkan jalur dari Jakarta ke Jawa Tengah didominasi kendaraan barang, bus dan mobil pribadi.

Hal tersebut lanjut Rudiana, karena jalur tol masih diberlakukan satu arah ke Jakarta, sehingga kendaraan barang, bus, dan kendaraan pribadi dialihkan menuju ke jalur arteri pantura.

Sehingga kedua arah jalur arteri Cirebon cukup meriah, namun dapat dipastikan kendaraan masih bisa melaju dengan kecepatan di atas 30 kilometer per jam.

"Jalur arteri ke Jakarta memang didominasi kendaraan sepeda motor, sedangkan untuk arah sebaliknya dipadati kendaraan pribadi, bus, dan juga truk pengangkut barang yang tidak bisa masuk jalan tol dikarenakan pemberlakuan satu arah," ujarnya.

Wartawan ANTARA, mencoba menyusuri jalur arteri pantura Cirebon dari perbatasan Jawa Tengah hingga ke Kota Cirebon, di mana kecepatan kendaraan bisa dikendarai lebih dari 60 kilometer per jam.

Sedangkan saat menggunakan lajur dari Kota Cirebon ke Jawa Tengah, kendaraan beberapa kali tersendat, meskipun kecepatan juga bisa cukup tinggi, namun bisa dibandingkan dari arah sebaliknya lebih lengang.

Keadaan itu dikarenakan kendaraan dari arah Jakarta menuju ke Jawa Tengah didominasi kendaraan besar, sehingga kecepatan pun tidak bisa seperti kendaraan kecil.

Baca juga: Petugas bersihkan jalur jelang berakhirnya one way Kalikangkung-Cikopo
Baca juga: 31 ribu kendaraan melintas Kalikangkung dari pagi hingga petang

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023