Pameran bertajuk `Menutup 2012 dan Membuka 2013` itu menampilkan 50 lukisan dua dan tiga dimensi,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Pameran lukisan karya puluhan seniman dari empat kota mewarnai pergantian tahun di Yogyakarta.

"Pameran bertajuk `Menutup 2012 dan Membuka 2013` itu menampilkan 50 lukisan dua dan tiga dimensi," kata ketua panitia penyelenggara pameran Godod Sutejo di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia pada pembukaan pameran "Menutup 2012 dan Membuka 2013" di Hotel Bandara Asri, para seniman itu menghadirkan berbagai karya dari berbagai aliran, dengan ukuran lukisan yang beragam.

"Para seniman yang memamerkan karyanya tersebut berasal dari Yogyakarta, Solo, Pati, dan Blitar," kata pemilik Posnya Seni Godod itu.

Ia mengatakan para seniman yang memamerkan karya lukisnya antara lain Effendi Saleh, Sutopo, Trimakno, Indarin, Sumaryo Hadi, Arfial A, Sun Ardi, Djoko Sardjono, dan Godod Sutejo.

Lukisan karya Effendi Saleh yang abstrak, kata dia, mempunyai daya tarik yang cukup kuat. Dengan kanvas yang berlubang dan komposisi yang lembut, memiliki "greget" dalam penampilannya.

"Selain itu, lukisan karya Djoko Sardjono dengan objek-objek yang jenaka seakan mengajak kita untuk bergurau dan berdialog," kata Godod yang dikenal sebagai pelukis alam sepi.

Menurut dia, pameran tutup dan buka tahun ini merupakan hasil kerja sama Posnya Seni Godod dengan Hotel Bandara Asri.

"Pameran lukisan bersama dalam rangka menyambut pergantian tahun itu akan berlangsung hingga 28 Februari 2013," katanya.

(B015/M008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012