Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono menerima kunjungan Wali Kota Shanghai Gong Zheng untuk membahas rencana peningkatan kerja sama pascapandemi dalam bidang perdagangan, investasi, kebudayaan, olahraga
dan pariwisata.
 
"Kami juga menyampaikan minat untuk mengetahui lebih jauh tentang penataan kota dan pengolahan sampah di Shanghai," kata Heru dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Pertemuan tersebut berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (27/4).
 
Selain itu, Pemerintah Kota Shanghai juga berminat untuk melaksanakan pertukaran dan peningkatan kompetensi ASN, program beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa serta mengundang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan perusahaan dari Jakarta untuk berpartisipasi dalam "China International Import Expo" pada 5-10 November 2023.
 
"Kami menyambut baik undangan Shanghai untuk menghadiri 'China International Import Expo' dengan mendorong partisipasi dari BUMD di DKI Jakarta," ujar Heru.

Baca juga: Jakarta-Rotterdam kerja sama pengembangan Teluk Jakarta
 
Heru juga mengundang keikutsertaan Shanghai dalam "Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capitals" (MGMAC) dan "ASEAN Mayors’ Forum" (AMF) yang direncanakan berlangsung pada Agustus 2023.
 
"Tentunya, kami dapat mengambil banyak pengalaman dari Shanghai dalam meningkatkan potensi Jakarta sebagai pusat bisnis, keuangan, perdagangan dan 'logistic hub' di Indonesia dan kawasan ASEAN, terutama dalam rencana relokasi Ibu Kota Negara ke IKN Nusantara pada tahun 2024,” kata Heru.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berharap kerja sama ini dapat mempererat hubungan persahabatan dan kemitraan kedua kota. Saling menguntungkan bagi kedua belah pihak dan memperkuat hubungan kemitraan dan kerja sama antara Jakarta dan Shanghai serta antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).
 
"Melalui kerja sama ini diharapkan kedua kota dapat terus mengembangkan kerja sama dalam bidang-bidang yang saling memajukan, khususnya dalam mendukung pembangunan Jakarta sebagai kota global," kata Heru.
Baca juga: Jakarta-Tokyo kerja sama pelatihan judo
Baca juga: Gubernur DKI-Dubes Inggris membahas beragam kerja sama

 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023