Jakarta (ANTARA News) - Para pengujung Monumen Nasional (Monas) mengeluhkan sedikitnya jumlah toilet umum sehingga tidak cukup menampung banyak pengunjung yang ingin ke kamar kecil.

Para pengunjung pun terpaksa membuat antrian  panjang untuk sekedar buang air kecil atau besar pada Sabtu (31/12).

"Aduh ! udah ngga tahan nih, panjang banget lagi antriannya," keluh seorang ibu yang sedang mengantri.

Seorang pengunjung, Bagus Indra (27), mengeluhkan ketidaksiapan pemerintah DKI dalam pengadaan toilet umum yang sedikit ini.

Bagus menganggap toilet umum adalah fasilitas nomor satu ketika dihelat perayaan acara masyarakat seperti perayaan tahun baru seperti sekarang.

"Harusnya kan bisa diperhitungkan, jumlah pengunjung yang datang dengan ketersedian toilet umum. Masa ribuan pengunjung, toilet cuma tiga," katanya.

"Masa mau ngencing aja harus ngantri kaya beli tiket bola," kata Bagus yang juru foto lepas di Jakarta itu.

Dari pantauan ANTARA News, jumlah toilet umum di Silang Monas hanya sepuluh unit. Toilet umum itu berupa gerbong kontainer ukuran 2,5 x 5 meter yang di dalamnya terdapat dua bilik untuk pria dan dua bilik untuk wanita.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budiman mengatakan di setiap titik lokasi perayaan malam tahun baru akan disediakan fasilitas seperti mobil toilet, ambulans, pemadam kebakaran, dan petugas kebersihan.

"Semua telah disiapkan, kami harap masyarakat bisa merasa terhibur dengan acara-acara tersebut," kata Arie.
(adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013