Surabaya (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Toni Harmanto memberangkatkan sebanyak 112 bus pada program balik mudik gratis dari Surabaya menuju wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran polres yang menyiapkan 127 bus untuk Polda Jatim. Sampai hari ini kami sudah memberangkatkan 112 bus dengan jumlah penumpang sebanyak 5.143 orang," kata Kapolda di Mapolda Jatim, Surabaya, Jumat.

Program mudik balik gratis ini akan dilakukan secara bertahap sampai beberapa hari ke depan yang dimulai pada tanggal 25 April. Dari 127 bus, tersisa 15 bus yang akan diberangkatkan.

"Semoga ini memberikan manfaat bagi masyarakat yang ingin kembali gratis dari tempat mudiknya ke rumah masing masing," ujar Kapolda.

Sementara untuk tujuan mudik balik gratis pada hari ini adalah ke Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Lebih lanjut, jenderal polisi bintang dua itu mengatakan secara keseluruhan pelaksanaan arus mudik dan balik tahun ini di wilayah Jatim berjalan lancar.

"Jawa Timur menjadi destinasi terakhir setelah Jawa Tengah dan Jawa Barat sehingga memungkinkan arus lalu lintas bisa terkendali di seluruh Jatim, dan pemudik merasa aman dan nyaman di Jatim," katanya.

Sementara itu, sempat ada kepadatan arus balik di kawasan Mengkreng, Jombang. Menurut dia, kepadatan terjadi karena di kawasan tersebut terdapat perlintasan dua rel kereta api.

"Dalam sehari ada sebanyak 34 kali kereta api yang lewat sehingga kepadatan tidak dapat terhindarkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepada Dinas Perhubungan Jatim Nyono mengatakan program mudik balik gratis yang dilakukan oleh Polda Jatim ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Mudik balik gratis ini juga bisa mengurangi potensi angka kecelakaan dan kegiatan ini sangat signifikan," kata Nyono.

Sedangkan Anita, salah satu warga Lumajang yang akan mudik ke Jakarta, menyatakan dirinya sangat terbantu adanya mudik gratis ini.

"Sangat terbantu, inginnya setiap tahun ada mudik gratis. Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolda Jawa Timur yang membantu warga dengan menggelar mudik gratis," tutur dia.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023