Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 16.500 pemilir tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada Jumat (28/4), volume kedatangan yang terus meningkat merupakan rangkaian dari puncak arus balik.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, saat ini sudah memasuki masa puncak arus milir. Menurutnya, sejak 25 April 2023, jumlah kedatangan penumpang selalu di atas 40.000 orang.

"Sebenarnya ini sudah bisa dibilang puncak, kalau kita melihat angka penumpang yang tiba sekitar 43.000 sampai  43.500, itu stabil dari tanggal 25 sampai dengan hari ini (Jumat, 28 April 2023), jadi bisa dikatakan ini sudah mulai memasuki puncak," ujar Eva saat berbincang dengan ANTARA di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat.

Eva menyampaikan, peningkatan volume penumpang cukup stabil di angka 41.000 sampai 43.000 penumpang. Jumlah tersebut dilihat berdasarkan pemesanan tiket yang masuk pada tanggal 25 April sampai 1 Mei 2023.

"Karena 1 Mei sendiri, sudah terdata cukup tinggi ada di angka 41.000 pemesanannya. Artinya masih memungkinkan jumlah tersebut terus bertambah karena  masih ada ynag membeli tiket," kata Eva.

Jumlah pemilir yang tiba di area Daop 1 Jakarta per 28 April 2023 adalah 43.000 orang. Angka tersebut terbagi menjadi 16.500 penumpang di Stasiun Pasar Senen, 15.000 penumpang di Stasiun Gambir dan 4.400 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

Sementara itu, jumlah pengguna jasa yang berangkat di area Daop 1 Jakarta pada Jumat (28/4) total terdapat 31.000 pengguna, sekitar 19.000  keberangkatan awal KA dari Stasiun Pasar Senen dan 12.000 penumpang dari Stasiun Gambir. Pada Kamis (27/4), jumlah penumpang berangkat hanya mencapai 24.000 orang.

Okupansi penumpang keseluruhan mencapai 74 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Saat ini KA tambahan masih dijalankan, total terdapat 71 KA yang berangkat dimana 32 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 39 KA lainnya berangkat dari Stasiun Gambir.

"Berangkat juga cukup unik, untuk hari ini mengalami peningkatan dibandingkan kemarin. Kemarin sempat turun sedikit walaupun rata-ratanya masih tinggi. Hari ini meningkat lagi, meningkatnya cukup jauh," ujar Eva.

KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakkan barangnya pada area tertentu yang dapat mengganggu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga disiapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan di sejumlah titik pada area parkir stasiun.

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan Lebaran. Kerja sama dengan Basarnas dan 45 provider rumah sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga diimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023