Jakarta (ANTARA) - Eks Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen TNI Iwan Setiawan meminta seluruh prajurit mendukung kerja dan tugas Mayjen TNI Deddy Suryadi yang resmi menjabat danjen baru pasukan elite TNI Angkatan Darat itu, Jumat.

Deddy Suryadi menggantikan Iwan Setiawan sebagai Danjen Kopassus sebagaimana Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/338/III/2023 tanggal 29 Maret 2023.

Iwan, yang dimutasi menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, yakin bahwa Deddy dapat bekerja dan memimpin lebih baik dari dirinya.

"Saya yakin dan percaya Pak Deddy pasti akan bisa memimpin lebih baik dari saya. Saya yakin dan percaya itu. Tolong, semuanya berikan dukungan," kata Iwan Setiawan saat upacara penyerahan satuan Kopassus di lapangan Markas Komando Kopassus di Cijantung, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pesan Kasad Dudung ke Kopassus: Jaga kesiapan pasukan elite

Danjen ke-35 Kopassus ke-35 itu juga meminta apa pun tugas yang diberikan kepada dirinya saat menjabat sebagai pimpinan Kopassus juga diberikan kepada Deddy Suryadi.

"Saya, atas nama pribadi dan keluarga, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh perwira, bintara, tamtama, dan PNS, serta ibu-ibu Persit yang begitu tulus, loyal, mendukung kepemimpinan saya selama 1 tahun 20 hari. Apa yang sudah diberikan kepada saya, saya minta sepenuhnya diberikan juga kepada Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus yang ke-36," jelas Iwan.

Iwan juga pamit dan memohon doa restu untuk tugasnya yang baru di Kodam XII/Tanjungpura.

"Selanjutnya, kami mohon pamit. Kami mohon doa restu untuk mengemban amanah jabatan sebagai Pangdam XII/Tanjungpura. Saya akan bawa dan saya akan menjadi prajurit komando sejati di mana pun saya berada," katanya.

Baca juga: Danjen Kopassus tegaskan siap hadapi berbagai ancaman

Sementara itu, Deddy Suryadi menyampaikan rangkaian upacara serah terima itu menandakan bahwa dia resmi memimpin pasukan elite TNI Angkatan Darat itu.

"Saya siap memimpin dan melayani seluruh anggota untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang kita cintai bersama. Dalam rangka melanjutkan estafet tongkat kepemimpinan komandan jenderal Kopassus, saya beserta keluarga mohon doa restu agar dalam menjalankan tugas sebagai Danjen Kopassus senantiasa diberi kesehatan, kekuatan lahir dan batin, sehingga tugas-tugas dapat diselesaikan dengan sukses dan berhasil," kata Deddy.

Dia juga meminta dukungan dan kerja sama seluruh prajurit serta PNS di lingkungan Kopassus untuk bersama-sama menunaikan tugas.

"Saya mohon dukungan, bantuan, kerja sama seluruh prajurit serta PNS Kopassus dalam pengabdian untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara 1945, serta melindungi segenap Bangsa Indonesia dan terus meningkatkan profesionalisme prajurit yang modern dilandasi dengan semangat juang yang tinggi," ujarnya.

Baca juga: Menhan minta Kopassus setia jaga Indonesia pada HUT Ke-71

Deddy Suryadi merupakan jebolan Akademi Militer 1996 yang menjadi lulusan terbaik saat mengikuti pendidikan reguler XLVIII Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) tahun 2010.

Sebelumnya, Deddy menjabat sebagai kepala Staf Komando Daerah Militer IV/Diponegoro. Deddy juga pernah bertugas sebagai ajudan Presiden Joko Widodo pada periode 2017-2019.

Deddy pernah pula menjabat sebagai Pamen Denma Mabesad, Kepala Staf Korem 061/Suryakancana, Danrem 074/Warastratama, dan Wadanjen Kopassus selama kurang lebih sembilan bulan di bawah kepemimpinan Mayjen Iwan Setiawan.

Baca juga: Mantan ajudan Presiden Jokowi Deddy Suryadi jadi Danjen Kopassus

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023