Jakarta (ANTARA) -
Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Iwan Setiawan menegaskan siap untuk menghadapi berbagai macam ancaman di dalam negeri maupun luar negeri.
 
"Kopassus totalitas seperti pengalaman-pengalaman yang sudah dilakukan, termasuk saya sendiri. Kapan pun kami selalu siap," ujar Iwan di Lapangan Makopassus Cijantung, Jakarta, Senin.
 
Ia mengungkapkan Kopassus sudah memiliki kemampuan khusus, seperti Pasukan Para Komando, Sandi Yudha, dan Penanggulangan Teror (Gultor).
 
Menurutnya, ketiga pasukan itu yang perlu ditingkatkan kembali kemampuannya dengan alat utama sistem senjata (alutsista) yang dibutuhkan dan kondisi medan penugasan seperti apa yang dihadapi.

"Itu saja yang perlu ditingkatkan, tinggal kami sikapi dengan alutsista yang kami butuhkan yang dihadapkan kepada penugasan ke depan. Apakah di dalam negeri maupun di luar negeri," kata dia.

Baca juga: Mantan Kepala BIN hingga Titiek Puspa hadir dalam HUT ke-71 Kopassus
Baca juga: Menhan minta Kopassus setia jaga Indonesia pada HUT Ke-71
 
Iwan mengatakan bahwa Kopassus memiliki lembaga pendidikan dan latihan. Namun, tidak hanya Kopassus yang dilatih lembaga ini melainkan prajurit TNI AD hingga angkatan di negara-negara sahabat.
 
"Kami siap untuk melatih dan menyiapkan. Kopassus menyiapkan satuan-satuan lain untuk melaksanakan tugas operasi baik di dalam maupun di luar negeri," tutur Iwan.
 
Sebelumnya, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meminta Kopassus untuk tetap semangat, siap, setia, dan berani dalam menjaga Indonesia.
 
“Terus semangat, siap, setia, dan berani di manapun Anda bertugas. Jaga Indonesia agar Indonesia kuat, adil, dan makmur. Indonesia terus maju, berani, benar dan berhasil,” ujar Prabowo dalam video ucapan Selamat Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Kopassus yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu (16/4).
 
Dengan demikian, Prabowo mengharapkan Kopassus semakin siap, setia, dan berani untuk bertugas di mana pun para pasukan ditugaskan.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023