Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Petugas gabungan yang berada di Pos Pelayanan Pantai Karanghawu, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memberikan edukasi kepada para wisatawan agar tidak membuang sampah sembarang di seluruh objek wisata.

"Edukasi ini untuk menjaga kebersihan pantai dari tumpukan sampah yang mengakibatkan ketidaknyamanan di tempat wisata," kata Waka Polres Sukabumi Kompol Septa Firmansyah di Sukabumi pada, Jumat, (28/4).

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh personel Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi sebagai bentuk kepedulian dan sinergi agar masyarakat dan pengunjung bisa sadar tidak membuang sampah sembarangan.

"Sehingga, mereka tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai, tetapi juga harus ikut menjaga pantai dari kerusakan akibat sampah yang dibuang secara sembarangan, apalagi sampah yang sulit diurai seperti plastik, botol kaca dan lainnya," katanya. 

Selain itu, edukasi menjaga kebersihan tempat wisata agar para pengunjung harus peduli dengan kebersihan sekitar serta tidak hanya mengandalkan petugas kebersihan saja.

Bahkan, tidak hanya sebatas memberikan edukasi, tetapi pihaknya juga memberikan contoh kepada wisatawan dengan bersama-sama membersihkan sampah yang berada di Pantai Karanghawu.

"Dengan edukasi langsung dari petugas berharap pengunjung bisa lebih peduli dan tidak hanya sebatas berwisata saja, tetapi tidak peduli dengan kebersihan pantai. Dengan kondisi pantai yang bersih tentunya akan membuat nyaman," tambahnya.

Septa mengatakan dengan memberikan edukasi dan mencontohkan langsung membersihkan pantai semoga apa yang dilakukan petugas gabungan ini bisa ditiru dan di implementasikan oleh wisatawan.

Dampak dari kotornya pantai tidak hanya dirasakan oleh wisatawan, tetapi juga bisa merusak ekosistem laut sehingga mengakibatkan hasil tangkapan ikan laut yang dilakukan oleh nelayan semakin berkurang.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023