Anggota KKB telah banyak melakukan pelanggaran HAM dengan membunuh dan menganiaya warga sipil
Jayapura (ANTARA) - Kepolisian Daerah Papua akan melakukan penegakan hukum akibat makin maraknya gangguan keamanan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Memang benar penegakan hukum akan diberlakukan terhadap kelompok yang selama ini menganggu keamanan hingga meresahkan masyarakat," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Jumat.

Dia mengatakan sebelum melakukan penegakan hukum pihaknya bersama pemda setempat akan meminta masyarakat yang bermukim di wilayah KKB untuk sementara waktu ke ibu kota kabupaten.

Bila nantinya ada warga yang enggan untuk mengungsi sementara maka bisa dipastikan mereka adalah anggota atau bagian dari KKB sehingga saat penegakan hukum dilakukan para pihak tidak bisa mengklaim bila itu pelanggaran.

Baca juga: Moeldoko: TNI-Polri ambil langkah lebih tegas terhadap separatis Papua
Baca juga: Panglima TNI: Siaga tempur di Papua bukan operasi militer


Apalagi anggota KKB juga telah banyak melakukan pelanggaran HAM dengan membunuh dan menganiaya warga sipil.

"Para pihak tidak bisa lagi mengklaim kalau terjadi pelanggaran HAM karena yang menjadi korban adalah anggota atau pendukung KKB, " ungkap Irjen Pol Fakhiri.

Dia mengakui berbagai gangguan keamanan di beberapa daerah yang menjadi wilayah tugas Polda Papua akibat ulah KKB telah menimbulkan korban jiwa tidak saja aparat keamanan tetapi juga warga sipil.

Sudah banyak warga sipil yang menjadi korban sehingga TNI-Polri akan melakukan penegakan hukum.

"Penegakan hukum harus dilakukan agar jangan sampai korban makin banyak, dan aparat keamanan akan bertindak sesuai SOP, " tegas Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023