Sistem peringatan dini harus menjadi prioritas dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menekankan pentingnya penguatan sistem dan respons peringatan dini guna mendukung upaya mitigasi bencana.

"Sistem peringatan dini harus menjadi prioritas dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja," kata Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Letjen TNI (Purn) Sudirman saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Terkait hal tersebut, Kemenko PMK mengajak kementerian/lembaga terkait dan pemerintah daerah (pemda) untuk terus memperkuat sistem dan respons peringatan dini.

"Selain itu perlu terus meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam memperkuat sistem peringatan dini dari berbagai jenis bencana, termasuk melalui pengembangan teknologi yang tepat guna dan terintegrasi," katanya.

Kemenko PMK, kata dia, juga mendorong peningkatan koordinasi dan kolaborasi antar-instansi terkait, termasuk pihak swasta dan masyarakat.

Baca juga: Kemenko PMK tekankan pentingnya peringatan dini dalam mitigasi bencana

"Koordinasi dan kolaborasi seluruh komponen menjadi salah satu kunci utama dalam mengoptimalkan program mitigasi atau pengurangan risiko bencana," katanya.

Sudirman juga menekankan  salah satu aspek penting dalam mitigasi bencana adalah sistem peringatan dini yang dapat memberikan informasi secara cepat.

"Seluruh pihak perlu memastikan kesiapan sistem peringatan dini dalam rangka melakukan diseminasi informasi yang dapat diterima masyarakat dalam waktu singkat," katanya.

Dia menambahkan keberadaan sistem peringatan dini merupakan hal yang sangat penting guna mendukung upaya pengurangan risiko bencana karena dapat mendorong kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Sementara itu untuk mendukung program mitigasi bencana, Kemenko PMK juga mengajak pemda menyiagakan personel dan peralatan penunjang serta menggencarkan pembentukan desa tangguh bencana sebagai salah satu upaya mitigasi bencana berbasis komunitas.

"Pelibatan masyarakat dalam mendukung upaya mitigasi bencana menjadi hal yang sangat penting," kata Sudirman.

Baca juga: Pakar tekankan pentingnya sistem peringatan dini bencana banjir

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023