Sejumlah korban yang meninggal juga telah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Polda Riau Irjen Pol. Mohammad Iqbal mengungkapkan pihaknya telah mengamankan nakhoda dan lima anak buah kapal (ABK) dari speed boat (kapal cepat) Evelyn Calisca 01 yang terbalik di perairan Air Tawar perbatasan antara Kecamatan Kateman dan Pulau Burung, Kamis (27/4).

"Enam orang yang diamankan tersebut terdiri atas SH yang merupakan nakhoda, 4 ABK masing-masing BP, H, A, dan SP serta penanggung jawab pelayaran berinisial A," sebut Kapolda Riau yang dihubungi dari Pekanbaru.

Iqbal mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penyidikan apabila terdapat unsur perbuatan melanggar hukum atau unsur kelalaian atau kesengajaan hingga menimbulkan nyawa seseorang.

"Akan kami proses. Beberapa awak kapal dan nakhoda sudah kami amankan. Saat ini kami akan melakukan pemeriksaan lebih dalam untuk melakukan proses yang lebih lanjut," terang Iqbal.

Pasca terbaliknya speedboat Evelyn Calisca 01 yang menewaskan 11 orang, Iqbal bersama Komandan Korem 132/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan beserta rombongan mengunjungi RSUD Raja Musa Sungai Guntung untuk melihat keadaan sejumlah korban yang selamat.

Sejumlah korban yang meninggal juga telah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

Selain itu, Iqbal juga sempat meninjau Pelabuhan Syahbandar yang menjadi posko pencarian korban.

"Kami berbelasungkawa kepada korban, terutama yang meninggal dunia. Semoga korban husnulkhatimah dan korban yang masih dirawat dapat segera sehat," ucap Iqbal.

Kapolda menjelaskan bahwa kedatangannya dan rombongan guna meyakinkan kinerja pemangku kepentingan berjalan maksimal, baik upaya evakuasi korban maupun perawatan untuk korban yang selamat.

"Ini menjadi pelajaran bahwa keselamatan yang utama," pungkasnya.

Sebelumnya, speedboat (kapal cepat) Evelyn Calisca 01 mengalami kecelakaan pada hari Kamis (27/4) sekitar pukul 13.40 di perairan Air Tawar perbatasan antara Kecamatan Kateman dan Pulau Burung.

Speedboat tersebut bertolak dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, menuju Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Evelyn Calisca 01 merupakan jenis kapal penumpang yang dibuat pada tahun 2022 dengan nama pemilik A. Kapal tersebut memiliki panjang 14 meter, lebar 3 meter dengan kedalaman 1,3 meter.

Baca juga: Bakamla bantu evakuasi korban kapal Evelyn Calisca 01 di Inhil
Baca juga: Polisi segera periksa awak kapal terkait kecelakaan di Indragiri Hilir

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa F
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023