Batam (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Infonesia membantu evakuasi korban kapal Evelyn Calisca 01 yang terbalik akibat menabrak tunggul nipah yang hanyut di Perairan sekitar Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Kamis (27/4),

"Bakamla RI melalui unsur KN.Sarotama - P.112 milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) yang tergabung dalam patroli bersama Bakamla RI Tahun 2023 melaksanakan evakuasi korban kapal Evelyn Calisca 01 yang terbalik akibat menabrak tunggul nipah yang hanyut di Perairan sekitar Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau,” ujar Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antar dalam keterangannya di Batam, Jumat.

Baca juga: Korban tewas kecelakaan kapal terbalik di Inhil jadi 12 orang

Dia menjelaskan personel Bakamla tiba di lokasi dan membantu evakuasi setelah menerima laporan adanya kecelakaan kapal penumpang dengan nama lambung Evelin Calisca 01. Kapal tersebut bertolak dari Tembilahan menuju Tanjungpinang.

Dalam perjalanannya, kapal cepat tersebut menghantam tunggul nipah yang mengakibatkan kapal tidak terkendali dan akhirnya terbalik.

Baca juga: Tiga jenazah korban kecelakaan kapal Evelyn Calisca - 01 dipulangkan

Setelah mendapat laporan itu, Contact Center Bakamla RI meneruskan informasi ke Direktorat Operasi Laut Bakamla RI.

"Tidak lama kemudian, Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Friche Flag mengerahkan unsur terdekat yang terlibat dalam Patroli Bersama Tahun 2023 Bakamla RI. KN. Sarotama - P.112 dan berhasil menuju titik koordinat kejadian," jelas dia.

Baca juga: Polisi segera periksa awak kapal terkait kecelakaan di Indragiri Hilir

Dari kejadian itu, diketahui dari total 71 orang penumpang kapal, sebanyak 60 orang di antaranya selamat, 11 orang dinyatakan tewas dan satu orang masih dalam pencarian.

"Saat berita ini diturunkan, Catamaran 508 dari Zona Bakamla Barat juga menuju lokasi untuk membantu evakuasi korban yang belum ditemukan. Saat ini tim SAR gabungan masih beroperasi melakukan pencarian korban hilang," katanya.

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023