Jakarta (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menggelar patroli skala besar bersama jajaran keamanan laut dari TNI, Polri hingga Bea Cukai Kementerian Keuangan untuk menjaga kawasan maritim Indonesia, Kamis.

Patroli gabungan skala besar ini dilakukan Bakamla serentak di seluruh titik perbatasan laut wilayah Indonesia.

Dalam siaran pers resmi Bakamla RI yang diterima ANTARA, Patroli skala besar itu bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran hukum dan kejahatan di laut.

Selain itu patroli ini juga bertujuan untuk menjaga teritorial batas laut, menjamin keamanan dan keselamatan di laut wilayah Rawan, hingga melindungi sumber daya laut dan lingkungan di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia.

Baca juga: Bakamla gelar Patroli Bersama 2024 untuk tingkatkan keamanan

Baca juga: Bakamla latihan bersama tegakkan hukum dan keamanan di laut timur


Dengan demikian, Bakamla dapat berperan aktif memberikan kenyamanan bagi para pengguna laut dan seluruh aktivitas perekonomian.

Dalam siaran pers tersebut juga dijelaskan beberapa jajaran yang terlibat dalam patroli skala besar tersebut seperti TNI AL, Korpolairud Baharkam Polri, Ditjen PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan dan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Sehari sebelum, Bakamla juga telah menggelar kegiatan geladi posko untuk memastikan kegiatan patroli bersama berjalan dengan lancar.

Dengan kegiatan patroli bersama ini, Bakamla yakin Indonesia akan dengan mudah mempertahankan kedaulatan lautnya dari asli kriminal dan potensi konflik negara luar.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024