Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Irvansyah membahas pengamanan maritim hingga kemajuan teknologi alutsista bersama Atase Pertahanan (Athan) India Captain Shiv Kumar di aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Selasa.

Dalam siaran pers resmi Bakamla RI, disebutkan bahwa Irvansyah mendiskusikan hal tersebut demi menjalin hubungan dan kerjasama di bidang pertahanan maritim dengan negara India.

Selain itu, Irvansyah juga berterima kasih atas kolaborasi yang telah terjalin selama ini dengan India, khususnya dalam kegiatan Port Visit Kapal India Coast Guard (ICG) Samudra Prahari pada Oktober 2023 silam.

Dengan adanya kunjungan ini, Irvansyah berharap agar hubungan baik dengan ICG dapat terus terjalin, khususnya dengan diperpanjang-nya nota kesepahaman (MoU) antara kedua Coast Guard.

Lebih lanjut, Bakamla RI dan ICG akan terus meningkatkan kerja sama pertukaran informasi antar kedua agensi.

Baca juga: Bakamla RI terima perwakilan Prancis bahas kerja sama keamanan laut

Baca juga: Bakamla RI evakuasi kapal layar Australia di perairan Natuna Utara 


Untuk diketahui, kerja sama antara Bakamla RI dan ICG dimulai sejak penandatanganan MoU pada 6 Juli 2020 di Jakarta dan New Delhi.

MoU ini mencakup beberapa bidang kerja sama, seperti pertukaran informasi, operasi pencarian dan penyelamatan di laut, peningkatan kapasitas personel, serta pembentukan nara-hubung.

Dalam kerangka kerja sama ini, telah dilaksanakan berbagai kegiatan, termasuk Courtesy Call, pertemuan tingkat tinggi, partisipasi dalam latihan seperti National Level Pollution Response Exercise dan Maritime Security Desktop Exercise, serta kunjungan kapal patroli antara Bakamla RI dan ICG.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024