Ambon (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI akan menggelar Patroli Bersama 2024 untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Irvansyah dalam sambutannya saat membuka Patroli bersama 2024  di Dermaga Guspurla Kaormada III Tawiri di Ambon Rabu, mengatakan bahwa kegiatan patroli bersama itu dilaksanakan selama 100 hari ke depan.

"Patroli ini bertujuan meningkatkan keamanan,keselamatan dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia ,sekaligus mewujudkan sinergi antar instansi keamanan laut dan maritim," katanya.

Dalam Patroli Bersama 2024 itu, Bakamla RI mengerahkan unsur laut dan udara, terdiri atas kapal negara (KN) dan dukungan aset patroli udara.

Patroli bersama itu  turut didukung oleh unsur laut dan udara dari instansi terkait, antara lain TNI AL, Korpolairut, Baharkam Polri, Ditjen PSDKP,KKP, Ditjen Bea dan cukai, Kementerian keuangan, dan Ditjen Perhubungan laut, Kementerian Perhubungan, dan instansi terkait lainnya.

Patroli Bersama 2024 merupakan yang ketiga kali dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia sejak disahkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2022 tentang penyelenggaraan keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Ia menyampaikan patroli bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan keselamatan dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Kemudian, mewujudkan sinergi penyelenggaraan patroli yang efektif dan efisien dalam penggunaan sumber daya dengan tetap mengedepankan aspek keamanan nasional.

Pada kesempatan yang baik ini perlu saya sampaikan bahwa dengan begitu luasnya perairan Indonesia serta keterbatasan sumber daya yang ada maka tidak mungkin mampu diamankan oleh satu instansi saja namun dibutuhkan cara-cara kolaboratif untuk mengamankan laut Indonesia secara menyeluruh.

"Tanpa kerja sama yang optimal maka upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna laut dan seluruh masyarakat Indonesia sulit untuk diwujudkan," katanya.

Hal ini tentunya berdampak pada aspek keamanan nasional maupun aspek lainnya.

Ia mengharapkan dukungan penuh dari instansi terkait dan instansi teknis untuk dapat saling bahu membahu menyukseskan Patroli Bersama 2024.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, bersama jajaran Forkopinda Maluku, Kepala Kantor Zona Maritim Timur Laksma Agam Endrasmono, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, dan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024