BaliSpirit Festival yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2008 kali ini, mengambil tema Gratitude sebagai bentuk rasa terima kasih kita kepada alam semesta
Gianyar, Bali (ANTARA) -
Balispirit Festival 2023 yang akan dilaksanakan di Puri Padi Hotel dan Yoga Barn, di Ubud Bali, pada 4-7 Mei 2023 menargetkan 8.000 peserta dari sekitar 60 negara.
 
"BaliSpirit Festival yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2008 kali ini, mengambil tema Gratitude sebagai bentuk rasa terima kasih kita kepada alam semesta yang sudah sangat berbaik hati kepada manusia," kata I Made Gunarta, Co-Founder Balispirit Festival, di Denpasar, Sabtu.
 
Kegiatan ini tidak hanya untuk mendatangkan turis dan devisa negara, tapi memiliki tujuan mulia yaitu untuk edukasi masyarakat tentang hidup sehat. Hidup sehat dengan melakukan olahraga yoga yang rutin, semua makanan tidak boleh mengandung MSG, dan menjaga lingkungan.
 
"Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, kami tidak menggunakan plastik, styrofoam, tapi menggunakan bambu yang banyak tumbuh di Bali, khususnya kabupaten Bangli. Jadi setelah kegiatan ini, kami mengembalikan tempat kegiatan seperti semula," ujar Made Gunarta.
 
Selain itu, BaliSpirit Festival selalu melakukan program Bali ReGreen, menghijaukan Bali dengan cara menanam pohon bambu di Kabupaten Bangli.
 
"Sejak 2015, kami telah menanam 22.500 pohon bambu. Pohon bambu mampu menahan dan menampung air di tanah. Dan secara ekonomis, laku dijual untuk kegiatan adat Bali dan pembangunan properti," tambah Made Gunarta.
 
Untuk tahun 2023, BaliSpirit Festival mendatangkan instruktur yoga Daniela Mandala dari Meksiko, Made Murni dari Bali, Mishie Hoops dari Malaysia, Mana Chu (China), Valentina Anikeeva dari Rusia, Daphne Tae (Amerika), Agutian Supriatna (Indonesia), Punnu Singh Watsu (India), Sanggar Cumadani (Bali), Raio (Amerika) dan masih banyak lainnya.
 
Harian South China Morning Post pernah menuliskan berita bahwa Balispirit Festival merupakan salah satu dari lima festival yoga terbaik di dunia. Kegiatan BaliSpirit Festival 2023 akan membantu ekonomi masyarakat setempat karena melibatkan 40-50 UMKM untuk berjualan di lokasi.


Baca juga: Joyland Festival Bali 2023 lanjutkan tradisi jadi "melting pot"
Baca juga: BI Bali gaungkan cinta rupiah dan QRIS di Festival Imlek Bersama 2023
Baca juga: Festival Musik Holyfest di Bali targetkan 30 ribu penonton

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023