pada FORNAS ke-6 tahun 2022 di Palembang, Kalsel terbanyak mengirim peserta bahkan hampir mencapai 600 orang.
Banjarmasin (ANTARA) -
Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menyebutkan minimal 500 atlet ditargetkan untuk dikirim pada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-7 tahun 2023 di Jawa Barat.

Kabid Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Budiono di Banjarmasin, Sabtu menyampaikan FORNAS Jabar diselenggarakan pada 2--9 Juli 2023.

Menurutnya, Kalsel berkomitmen mengirim peserta pada FORNAS Jabar tersebut minimal 500 peserta atau atlet pada 50 cabang olahraga yang tergabung pada Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalsel.

Dinyatakan dia, Dispora Kalsel dan KORMI Kalsel selalu koordinasi dan sinergi dalam rangka menyiapkan penggiat-penggiat olahraga masyarakat ini dalam seleksi yang akan diikutkan ketingkat nasional, yakni, FORNAS Jabar tersebut.
 
Seleksi yang dilakukan, ujar Budiono dengan menggelar Festival Olahraga Rekreasi Daerah (FORDA) yang direncanakan dimulai sekitar tanggal 20 Mei 2023.
 
Budiono menyampaikan, dengan banyaknya cabang olahraga masyarakat ini, maka FORDA ada digelar secara multi event dan single event.
 
"Jadi istilahnya dicicil, ada lima cabang olahraga, ada yang mandiri ada multi event  20 cabang olahraga," terangnya.
 
Menurut Budiono, pada olahraga masyarakat ini ada tiga katagori, yakni, olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga tradisional dan kreasi budaya dan olahraga tantangan dan petualangan.

Menurutnya, pada FORNAS ke-6 tahun 2022 di Palembang, Kalsel terbanyak mengirim peserta, bahkan hampir mencapai 600 orang.

Pada FORNAS ke-7 2023 di Jabar ini, Gubernur Kalsel yang juga ketua KORMI Kalsel berkomitmen menargetkan mengirim minimal 500 peserta, hingga Kalsel bisa meraih prestasi di sana," demikian kata Budiono.
 
Menurutnya, saat ini olahraga masyarakat sudah mulai sangat berkembang di Kalsel, karena besarnya perhatian pemerintah provinsi demikian juga kabupaten/kota.

"Ini perkembangan yang bagus untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, dengan berolahraga," paparnya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023