Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan tahun ini sebanyak enam kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah ini menerima mesin tempel dari pemerintah setempat.
 
"Enam kelompok nelayan yang menerima mesin tempel tersebar di sejumlah wilayah daerah ini," kata Kabid Perikanan Kabupaten Mukomuko, Warsiman di Mukomuko, Sabtu.
 
Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko tahun 2023 mendapatkan DAU sebesar Rp335 juta untuk membeli sebanyak enam unit mesin tempel untuk KUB nelayan.
 
Enam kelompok nelayan yang menerima masing-masing satu unit mesin tempel ini, yakni tiga kelompok nelayan di Kecamatan Ipuh dan dua kelompok nelayan di Kecamatan Kota Mukomuko.
 
Sedangkan ukuran mesin sebanyak enam unit tempel yang akan dibeli tahun ini, katanya, sebanyak dua unit mesin tempel ukuran 40 PK dan empat unit ukuran 25 PK.
 
Kemudian instansinya menggunakan sistem pengadaan barang melalui e-katalog untuk membeli sebanyak enam unit mesin tempel ukuran 25 dan 40 PK untuk KUB nelayan setempat.
 
Ia menyatakan, pihaknya menggunakan sistem pengadaan sebanyak enam unit mesin tempel melalui e-katalog karena mesin tempel berkapasitas 25 hingga 40 PK tersebut tersedia di pabriknya.
 
Selain itu, menurutnya, proses pengadaan barang dan jasa menggunakan sistem e-katalog lebih cepat dibandingkan melalui kontraktor atau pihak ketiga pengadaan barang dan jasa pemerintah.
 
Dinas Perikanan setempat selain membeli enam unit mesin tempel serat 12 baju pelampung dan satu GPS untuk menentukan lokasi ikan untuk KUB nelayan yang menerima bantuan mesin tempel.
 
Sementara itu, katanya, anggaran untuk membeli sebanyak enam unit mesin tempel untuk KUB nelayan di daerah ini tahun 2023 lebih besar dibandingkan tahun 2022 yakni sebesar Rp270 juta.
 
Tahun 2022, katanya membeli sebanyak tujuh unit mesin dengan ukuran, yakni dua unit mesin ukuran 40 PK (tenaga kuda) dan lima mesin ukuran 15 PK.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023