Sleman (ANTARA) - Menteri Perdagangan(Mendag), Zulkifli Hasan bersama Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membagikan 1.000 paket bahan pokok murah kepada masyarakat Sleman, Yogyakarta, Sabtu sore. 

Mendag Zulkifli mengatakan  pascalebaran distribusi bahan pangan pokok dibatasi dan hanya melalui mobil boks kecil, oleh karenanya dengan pasar murah ini dapat mempermudah akses masyarakat khususnya Kabupaten Sleman untuk memperoleh bahan pangan pokok.

"Diawali di Sleman ini nantinya kami akan melakukan kegiatan pasar murah di beberapa kota di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat yang kurang mampu," kata Zulkifli dalam  pasar murah  berlangsung di Kantor Kapanewon (Kecamatan) Ngaglik dan Balai Kelurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyambut baik kunjungan dari Menteri Perdagangan sekaligus berharap dengan kegiatan ini dapat meringankan masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam memperoleh bahan pangan pokok dengan harga distributor atau harga terjangkau.

"Dengan kegiatan ini saya harap masyarakat dapat memperoleh bahan pangan pokok dengan mudah dan harga murah sehingga masyarakat tidak terbebani," katanya.

Kustini mengatakan bahwa Pemkab Sleman senantiasa selalu menjaga ketersediaan bahan pangan pokok dan memantau kestabilan harga bahan pangan di pasaran.

"Dengan demikian maka angka inflasi di Kabupaten Sleman dapat ditekan," katanya.

Adapun komoditas yang disediakan dalam pasar murah yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan ini yakni minyak goreng dengan harga Rp13.500 per liter, telur ayam ras Rp26.000 per kilogram, gula pasir Rp13.000 per kilogram dan beras SPHP(stabilisasi pasokan dan harga pangan)  Rp42.500 per lima kilogram.

Baca juga: Mendag: Bazar Ramadhan 2023 bantu masyarakat dan UMKM
Baca juga: Kunjungi Pasar Bukateja, Mendag: Harga bahan pokok stabil dan murah

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023