Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita politik sepekan menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca kembali, soal baiknya penanganan arus Milir Lebaran hingga kontestasi para capres Pemilu 2024.

Berikut enam berita politik sepekan terakhir yang masih menarik untuk dibaca kembali:
 
Jokowi: Arus mudik 2023 tertinggi dalam sejarah dikelola dengan baik
 
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat, telah mengelola dengan baik arus mudik Lebaran 2023 yang merupakan arus mudik tertinggi sepanjang sejarah.
“Alhamdulillah, pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat serta peran masyarakat, kita dapat mengelola arus mudik dengan sebaik-baiknya,” kata Presiden Jokowi dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden dipantau di Jakarta, Senin.
 
Selengkapnya baca di sini
 
 
Anggota DPR apresiasi kinerja Polri antisipasi kemacetan arus mudik
 
Anggota Komisi III DPR Santoso mengapresiasi kinerja Polri dalam mengantisipasi potensi kemacetan selama arus mudik Lebaran 2023 yang menurutnya sudah berjalan cukup baik.
 
"Langkah antisipasi potensi kemacetan dalam arus mudik dan arus balik sudah cukup baik," kata Santoso dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Anggota DPR: Kecepatan Pemerintah tentukan RUU Perampasan Aset dibahas
 
Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mengatakan kecepatan Pemerintah mempersiapkan naskah akademik dan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perampasan Aset Tindak Pidana akan menentukan pula kecepatan pembahasan RUU tersebut.
 
"Mengingat bahwa RUU Perampasan Aset adalah inisiatif Pemerintah, maka seberapa cepat pemerintah mempersiapkan naskah akademik dan draf RUU-nya, akan menentukan juga seberapa cepat RUU Perampasan Aset dibahas," kata Didik dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Menlu: KTT ke-42 ASEAN berupaya lebih keras memperkuat kawasan
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan KTT ke-42 ASEAN berupaya lebih keras atau lebih banyak dalam memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.
 
“Konteksnya adalah resiliensi ekonomi agar Asia Tenggara dapat terus menjadi epicentrum of growth. KTT ke-42 lebih banyak memperkuat ASEAN, memperkuat kerja sama ASEAN,” jelas Menlu Retno usai mengikuti rapat terbatas persiapan penyelenggaraan KTT ASEAN, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.
 
Selengkapnya baca di sini
 
 
Tingkat kepuasan pemerintahan Jokowi-Maruf capai 74,7 persen

Hasil survei terbaru dari Poltracking Indonesia menunjukkan bahwa tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin pada periode April 2023 mencapai 74,7 persen.
 
"Tingkat kepuasan publik Indonesia terhadap kinerja pemerintah Joko Widodo dengan Ma'ruf Amin ini juga cukup tinggi terpaut sedikit di bawah kepuasan. Angkanya 74,7 persen," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda A.R. di Jakarta, Jumat.
 
Selengkapnya baca di sini
 
 
MPR dukung pemerintah lakukan tindakan terukur pada separatis KKB
 
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung langkah pemerintah, TNI dan Polri menambah pasukan untuk melakukan tindakan tegas terukur terhadap gerakan separatis Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Dia menilai tindakan tegas terukur perlu dilakukan karena separatis KKB sering menggunakan kekerasan dan senjata mematikan melalui aksi perusakan hingga pembunuhan.
 
Selengkapnya baca di sini
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023