Beijing (ANTARA) - Otoritas China menginisiasi sebuah gerakan khusus untuk 2023 guna mengoptimalkan lingkungan bisnis di pelabuhan-pelabuhan utama dan semakin memajukan fasilitasi perdagangan lintas perbatasan.

Gerakan yang diprakarsai enam lembaga pemerintah, termasuk Badan Umum Kepabeanan China, itu akan berlangsung selama lima bulan di 17 kota dari 12 daerah setingkat provinsi, termasuk Beijing, Tianjin, Shanghai, dan Chongqing.

Serangkaian langkah akan diambil untuk meningkatkan pembangunan pelabuhan pintar dan transformasi digital pelabuhan, serta untuk mendukung peningkatan industri perdagangan luar negeri, termasuk pengembangan bentuk bisnis baru yang sehat dan berkelanjutan.

Berbagai upaya akan dilakukan untuk meningkatkan operasi logistik dan rantai pasokan yang aman serta lancar untuk bea cukai lintas perbatasan, juga menstandarkan dan mengurangi biaya kepatuhan impor dan ekspor.

Selain itu, upaya akan berupa langkah untuk meningkatkan rasa mendapat keuntungan dan kepuasan di antara entitas bisnis perdagangan luar negeri.

Pada 2022, China meluncurkan sebuah gerakan khusus untuk memfasilitasi perdagangan lintas perbatasan di 10 kota.

Semua 10 langkah reformasi dan inovasi yang diperkenalkan dalam gerakan itu dilaksanakan dengan baik, dan 501 kebijakan yang dikeluarkan oleh otoritas bea cukai setempat juga mencapai hasil yang luar biasa.  
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023