Sudah diputuskan tadi. Semua pemain langsung dihubungi. Mereka akan langsung ke Medan 6 Januari nanti,"
Jakarta (ANTARA News) - Timnas sepak bola untuk Pra Piala Asia (PPA) 2015 akan langsung menjalani pelatnas di Medan, Sumatra Utara, termasuk pelaksanaan tes kesehatan dan tes fisik untuk pemain.

Sekjen PSSI Halim Mahfudz di Jakarta, Kamis, mengatakan sebelumnya ada rencana tes kesehatan dan tes fisik dilakukan di Jakarta. Demi alasan efisiensi maka pemeriksaan pada pemain langsung dilakukan di Medan.

"Sudah diputuskan tadi. Semua pemain langsung dihubungi. Mereka akan langsung ke Medan 6 Januari nanti," katanya di Kantor PSSI Senayan Jakarta.

Rencana awal, 43 pemain yang dipanggil akan berkumpul di Jakarta, Jumat (4/1). Selanjutnya akan menjalani tes kesehatan dan tes fisik. Hanya saja, dengan adanya keputusan baru mereka langsung bertolak ke Medan.

Menurut dia, kepastian pemain langsung ke Medan didapat setelah menajemen timnas memastikan semua fasilitas pendukung telah siap.

"Pemain akan tinggal di Hotel Saka. Fasilitas pendukungnya juga telah dipersiapkan termasuk lapangan latihan," katanya menambahkan.

Sesuai rencana, anak asuh Nil Maizar ini akan menjalani pelatnas di lapangan Universitas Sumatra Utara (USU). Selain itu juga dipersiapkan lapangan pendukung yaitu lapangan Perdede.

Dengan adanya kepastian pelatnas di Medan, kata dia, cukup meringankan beban PSSI terutama dalam hal pembiayaan. Kondisi ini berbeda jauh jika pelatnas dilakukan di Jakarta.

"Bisa hemat ratusan juta," kata CEO Halma Stategic itu.

Berdasar hitung-hitungan kasar yang dilakukan oleh PSSI, anggaran pelatnas selama sebulan itu menghabiskan dana sebesar Rp2,8 miliar. Anggaran itu didasarkan kebutuhan selama pelatnas dilakukan di Jakarta.

Indonesia pada PPA 2013 tergabung di Grup C bersama Saudi Arabia, Irak dan China. Untuk pertandingan perdana adalah tandang ke kandang Irak, 6 Februari 2013 mendatang.
(B016/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013