Temanggung (ANTARA) - Ribuan pekerja mengikuti jalan sehat dengan start dan finish di lapangan Desa Nguwet, Kranggan, mewarnai Hari Buruh 2023 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

"Kami mengucapkan Hari Buruh 2023, luar biasa hari ini para buruh melaksanakan jalan sehat. Semoga para buruh di Kabupaten Temanggung semakin solid dengan para pengusaha dan pemerintah," kata  Bupati Temanggung M. Al Khadziq  di Temanggung, Senin.

Ia menyampaikan hal tersebut sebelum mengibarkan bendera start jalan sehat peringatan Hari Buruh Kabupaten Temanggung 2023.

Khadziq menyampaikan di Kabupaten Temanggung para buruh beserta para pengusaha dan pemerintah bersatu padu kompak memperingati Hari Buruh dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Baca juga: May Day 2023 diharap jadi momen kebersamaan pekerja hingga pengusaha

Baca juga: Polrestabes Surabaya lakukan pengalihan lalu lintas saat Hari Buruh


"Salah satu kegiatan, hari ini dilakukan jalan santai yang diikuti oleh ribuan buruh dan pengusaha serta dari unsur Pemerintah Kabupaten Temanggung," katanya.

Ia menuturkan selama ini situasi perburuhan di Kabupaten Temanggung bisa berjalan dengan kondusif dan baik, komunikasi para buruh dengan pengusaha bisa terjalin dengan baik.

Menurut dia tidak ada isu menonjol di Kabupaten Temanggung, tetapi beberapa waktu lalu ada beberapa pemutusan hubungan kerja, merumahkan karyawan karena situasi ekonomi yang memang belum menguntungkan.

Ia berharap ke depan Pemkab Temanggung terus meningkatkan investasi agar masyarakat bisa bekerja.

"Sebagaimana diketahui bahwa tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Temanggung tergolong kecil, hanya dua koma sekian persen. Sesungguhnya kita masih perlu meningkatkan investasi di Kabupaten Temanggung agar tingkat pengangguran yang sudah kecil bisa menjadi lebih kecil lagi, masyarakat bisa bekerja, dan kesejahteraan masyarakat terus meningkat," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mengatakan selain melakukan jalan sehat, dalam Hari Buruh 2023 juga dilakukan turnamen futsal yang diikuti puluhan tim.

"Kami mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan teman-teman dalam memperingati Hari Buruh ini," katanya. 

Baca juga: Ribuan buruh di Sleman ikuti jalan sehat Hari Buruh Internasional

Baca juga: Anggota DPR: Komisi IX terus kerja sama dengan buruh dan stakeholders


 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023