Merak (ANTARA) -
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat kendaraan roda empat pada arus balik H+7 atau Minggu (30/4) dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni , Lampung terjadi kenaikan sekitar 22 persen atau 7.519 unit.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis diterima di Merak,Senin, menyebutkan berdasarkan data Posko Merak pada (24 jam) H+7 jumlah kendaraan roda empat mencapai 7.519 unit atau naik 22 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 6.150 unit.

Selain itu juga kendaraan roda dua yang telah menyeberang dari Merak ke Bakauheni terjadi kenaikan 82 persen atau 1.504 unit dibandingkan realisasi tahun lalu mencapai 828 unit.

Namun, truk logistik yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera terjadi penurunan 54 persen atau 1.127 unit dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 2.475 unit.

Sedangkan, total seluruh kendaraan tercatat 10.741 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H+7 atau naik 7 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 10.039 unit, katanya.

Menurut dia, jumlah yang menyeberang dari Merak ke Pelabuhan Bakauheni pada H+7 terjadi kenaikan 19 persen atau 59.905 orang dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 50.142 orang.
 
Dari pantauan, kendaraan roda empat di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak terlihat mengantre secara bergantian naik ke atas kapal untuk diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami merasa senang dalam perjalanan arus balik dari Jakarta sampai Merak berjalan lancar dan tinggal menunggu diseberangkan ke Bakauheni," kata Herisman, seorang pengendara roda empat bertujuan Pariaman,Padang.
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023