Washington (ANTARA) - Presiden AS Joe Biden akan menggelar pertemuan trilateral bersama pemimpin Jepang dan Korea Selatan akhir bulan ini di Hiroshima saat menghadiri KTT Kelompok Tujuh (G7) tahun ini, kata seorang pejabat senior AS, Senin.

Pejabat yang berbicara secara anonim itu tidak menyebutkan tanggal pertemuan tiga-arah tersebut. Menurut sumber diplomatik, kemungkinan pertemuan itu diadakan pada 21 Mei, hari penutupan KTT G-7 yang berlangsung tiga hari.

Biden dan Presiden Korsel Yoon Suk Yeol bersepakat saat bertemu di Gedung Putih minggu lalu bahwa mereka akan meningkatkan kerja sama trilateral dengan Jepang guna menghadapi ancaman nuklir Korea Utara secara lebih baik.

Biden juga memuji "keberanian politik" Yoon dalam bekerja dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida untuk memperbaiki hubungan Seoul-Tokyo yang telah tegang selama bertahun-tahun karena masalah sejarah.

Yoon, yang mengunjungi Tokyo Maret lalu, telah diundang oleh Kishida sebagai salah satu tamu untuk berdiskusi pada pertemuan G7.

Kishida mempertimbangkan untuk mengunjungi Korsel selama dua hari, menurut sumber diplomatik.

PM Jepang terakhir yang mengunjungi Korsel adalah Shinzo Abe saat dia menghadiri pembukaan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018.

Sumber: Kyodo-OANA

Baca juga: Tingkatkan hubungan, PM Jepang akan kunjungi Korsel akhir Mei
Baca juga: Korsel, AS, Jepang latihan militer antisipasi ancaman rudal Korut

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023