Jakarta (ANTARA) - Musisi dan penggagas grup Kahitna, Yovie Widianto mengungkapkan bahwa gelaran konser "Yovie Widianto: Billion Songs Confest" pada 3 Mei mendatang menjadi ajang untuk memberikan penghormatan bagi para sahabat yang telah kembali berpulang yaitu mendiang Glenn Fredly dan Carlo Saba.

Baca juga: Yovie Widianto ungkap ada "Carlo Saba" di konser "Billion Songs"

"Lebih tepatnya memang dalam setiap langkah, kami selalu mengenang sahabat dan teman-teman. Kalau secara khusus, memang ada bagian baik untuk mendiang Glenn dan Carlo nanti. Apalagi almarhum Carlo memiliki tempat yang penting di musik kami, sehingga pasti ada (bagian khusus)," beber Yovie saat jumpa media usai sesi latihan bersama di kawasan Kuningan Jakarta, Senin sore.

Yovie menjelaskan bahwa mendiang Glenn Fredly adalah penyanyi yang kerap ikut tur bersama Kahitna sejak tahun 2018 silam. Sebagai penghormatan, Kahitna akan membawakan lagu-lagu fenomenal yang lahir lewat kolaborasi dengan musisi yang wafat pada 20 April 2020 tersebut.

"Glenn juga artis pertama yang saya tangani untuk album solo. Ketika almarhum bersolo karier, saya membuat lagu khusus buat dia seperti 'Cukup Sudah', 'Kasih Putih', dan mengantarkan kepergiannya dengan 'Adu Rayu'. Kepergian Glenn adalah kehilangan luar biasa untuk saya dan musik Indonesia," terang Yovie.

Sedangkan sosok almarhum Carlo Saba, lanjut Yovie, adalah motor pertama grup Kahitna yang menemaninya sejak lama. Kehilangan mendiang Carlo, kata Yovie, bukan hanya soal suara namun juga persahabatan yang amat mendalam.

"Suara Carlo sangat fenomenal, kita tahu dari lagu-lagu (dengan teriakan) 'hey, hey yeee iyee,'. Kepergian Carlo tentu kehilangan persahabatan luar biasa tentu bukan hanya berlaku buat teman-teman Kahitna, namun juga musisi-musisi muda yang mengenal dia seperti Arsy Widianto dan Gusti 5Romeo ," katanya.

Baca juga: Carlo Saba vokalis Kahitna tutup usia
Musisi Yovie Widianto (piano) saat sesi latihan konser "Yovie Widianto: Billion Songs Confest" di Jakarta, Senin (1/5). (ANTARA/Ahmad Faishal)

Lebih lanjut Yovie menjelaskan bahwa bagian penghormatan untuk Glenn Fredly dan Carlo Saba dalam konser "Yovie Widianto: Billion Songs Confest" akan menjadi kejutan tersendiri bagi para penggemar karya-karya musisi terbaik Tanah Air tersebut. Ia menandaskan sedikitnya akan ada lima belas lagu hits yang akan hadir dalam gelaran berdurasi tiga jam pada konser yang berlokasi di Jakarta Convention Center.

"Untuk lebih jelasnya seperti apa, lebih baik datang, deh," pinta Yovie.

Dalam konser besar kali ini, Yovie memang menggandeng sejumlah penyanyi ternama yang selama ini kerap menjadi rekan sejawat lewat sejumlah karya bernuansa cinta. Beberapa penyanyi yang rencananya akan tampil di antaranya Kahitna, Raisa, Tulus, Rossa, Yura Yunita, Kahitna, Arsy Widianto, Yovie & Nuno, Tiara Andini, Lyodra, serta Ziva Magnolya.

"Jujur aku masih deg-degan dengan konser ini. Tidak ada live streaming, harga tiket lumayan mahal sampai 6 jutaan, lebih mahal dari grup luar negeri. Tapi dari pihak New Live Entertainment bilang selama 6 kali kerja sama dengan kami selalu sold out dan alhamdulillah sekarang pun demikian," senyum Yovie.

Kesuksesan mendulang perhatian penggemar selama ini, kata Yovie, bukan melulu karena karya-ciptanya yang luar biasa melainkan ada rasa sayang yang sangat besar dari seluruh pecinta musik Tanah Air.

"Terima kasih atas rasa sayangnya karena meski harga tiket mahal, namun penggemar mungkin berusaha mengumpulkan uang dan bagi kami hal itu sebuah kehormatan luar biasa. Kami berjanji menampilkan terbaik dari yang kami bisa," pendek Yovie.



Baca juga: Raisa jamin akan ada karaoke massal di konser Yovie Widianto

Baca juga: Tulus siapkan penampilan spesial di konser karya Yovie Widianto

Baca juga: Yovie Widianto bersyukur lagu-lagunya dicintai masyakarat

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023