Banda Aceh (ANTARA) - PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menyatakan puncak penumpang arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah terjadi pada H+7 atau Minggu (30/4).

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Blang Bintang Darmadi di Aceh Besar, Senin, menyatakan keberangkatan dari Bandara Internasional tersebut khususnya domestik tertinggi dibanding dengan hari-hari sebelumnya.

Ia menyebutkan jumlah penumpang domestik yang berangkat dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar sebanyak 1.401 penumpang dan yang datang 1,279 penumpang.

Sebanyak 2.680 penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Iskanda Muda Blang Bintang Aceh Besar tersebut pada H+7 diangkut 16 penerbangan.

Adapun untuk penumpang domestik dan internasional yang datang dan berangkat pada periode H-10 sampai H+7 tersebut sebanyak 39,598 terdiri dari penumpang domestik sebanyak 31.258 orang dan internasional sebanyak 8.340 orang.

Ia mengatakan seluruh penumpang yang datang dan berangkat pada musim arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Provinsi Aceh itu diangkut dengan 371 penerbangan terdiri dari pesawat domestik 287 penerbangan dan internasional 84 penerbangan.

Sebelumnya PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar memperkirakan puncak penumpang arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 akan terjadi dua fase.

“Kami perkirakan akan ada dua fase puncak arus balik dari Banda Aceh melalui Bandara Internasional SIM yakni pada 25 dan 30 April,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Blang Bintang Darmadi.

Ia menjelaskan perkirakan puncak arus balik dalam dua fase tersebut seiring adanya imbauan dari Presiden Jokowi agar pemudik menunda kepulangannya.

Baca juga: AP SIM prediksi arus balik dari Aceh dua fase

Baca juga: DPRA apresiasi Menhub dukung Bandara SIM jadi pusat berangkat umrah

Baca juga: Amphuri apresiasi pembukaan kembali penerbangan umrah Aceh-Madinah


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023