London (ANTARA News) - Chelsea pada Jumat mengumumkan bahwa mereka telah merekrut Demba Ba dari Newcastle United, mengakhiri 18 bulan masa kerjanya di The Magpies, di mana Ba ikut membantu mereka mengamankan peringkat kelima di Liga Utama Inggris musim lalu.

Klub London Barat itu berkata pemain 27 tahun tersebut bergabung dengan ikatan kontrak tiga setengah tahun dengan nilai transfer yang tidak disebutkan, dan akan dapat dimainkan untuk Chelsea ketika mereka bermain di pertandingan putaran ketiga Piala FA melawan Southampton pada Sabtu.

"Rasanya bagus untuk berada di sini, saya sangat bahagia dan sangat bangga," kata pemain internasional Senegal kelahiran Prancis itu seperti dikutip chelseafc.com.

"Ini penting bagi saya, dan untuk Newcastle, untuk mengatur masa depan saya dan sekarang saya dapat melangkah maju. Sekarang mereka memiliki sebulan yang berharga untuk membeli seseorang dan bagi saya ini juga baik, cepat atau lambat. Sekarang saya berada di sini, saya hanya perlu untuk masuk ke dalamnya (tim utama)."

"Ketika klub yang menjuarai Liga Champions menginginkan anda, keputusannya sangat mudah. Klub ini besar dan itu adalah sesuatu yang banyak membantu pengambilan keputusan. Ini sama sekali tidak sulit."

Newcastle mengonfirmasi pada pekan ini bahwa mereka memberi izin pada Chelsea untuk melakukan pembicaraan dengan sang pemain, setelah menyepakati nilai yang diminta (8,6 juta euro) dalam klausa rilis di kontraknya.

Ba, yang pindah ke Tyneside pada 2011, kemudian dicoret dari tim Alan Pardew saat mereka kalah 1-2 di kandang sendiri dari Everton di Liga Utama Inggris pada Rabu malam, yang memperburuk kondisi klub Timur Laut Inggris tersebut.

Manajer sementara Chelsea Rafael Benitez tidak merahasiakan pencarian dia terhadap opsi lain di lini depan, dan dengan 16 gol liga pada musim debutnya dan total 31 gol yang ditorehkannya tahun ini, Ba dapat menjadi tambahan yang sangat berharga.

Ba mulai populer saat tampil sangat tajam selama empat tahun di klub jerman Hoffenheim, dan ia kemudian bergabung dengan klub London Timur West Ham United pada Januari 2011, setelah batal pindah ke Stoke City akibat gagal melewati tes medis.

Ia mencetak tujuh gol dari 12 pertandingan untuk West Ham, namun pergi untuk bergabung dengan Newcastle setelah The Hammers terdegradasi pada akhir musim 2010/2011.

Ba akan dapat dimainkan di pertandingan semifinal Piala Liga melawan Swansea, namun ia tidak dapat bermain di Liga Europa karena sebelumnya sudah pernah memperkuat Newcastle, demikian AFP.

(H-RF/I015) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013