selama ini drainase yang ada di pusat kota Rengat belum tertata dengan baik, sehingga membuat saluran air terkendala.
Rengat (ANTARA News) - Hujan satu atau dua hari saja kota Rengat pasti banjir, apalagi kalau diguyur hujan berminggu-minggu kota Rengat bisa tergenang air, untuk mengatasi banjir tersebut tahun 2013 drainase kota Rengat, Propinsi Riau akan dibenahi.

"Satu atau dua hari saja hujan mengguyur kota Rengat dapat dipastikan banjir, karena itu tahun 2013 ini semua drainase yang ada akan ditata ulang. itu salah satu alternatif atasi masalah banjir," kata Ketua Bappeda kabupaten Inhu Isdjawardi, di Rengat, Sabtu.

Dikatakan Isdjawardi, selama ini drainase yang ada di pusat kota Rengat belum tertata dengan baik, sehingga membuat saluran air terkendala, hingga air limbah maupun air hujan tidak bisa teraliri dengan sempurna.

Jika salurannya diperbaiki dengan baik, semua air pasti mengalir ke arah yang telah ditentukan seperti arah kesungai Indragiri, sehingga tidak ada lagi air yang menggenang seperti saat ini.

"Banyak saluran air tertutup limbah, tidak ada pembersihan, hingga saluran air macet, hampir disetiap depan rumah, toko, bahkan kantor di Rengat airnya tergenang, ini perlu mendapat perhatian khusus," terangnya.

Juga sejumlah drainase yang tertimbun pasir, krikil akibat ulah para pengusaha membangun ruko atau rumahnya, namun tidak diperbaiki. hal ini juga mengicu terjadinya bau busuk, jika dibiarkan akan rusak kota Rengat yang didambakan masyarakat ini.

"Tahun 2013 semua akan diperbaiki, Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto pun sudah mengetahui hal ini, dan mendukung penuh adanya perbaikan semua drainase tersebut," ungkapnya.

Sedangkan drainase ditingkat kecamatan, diperbaiki berdasarkan usulan dari masyarakat, yang akan dibahas oleh instansi terkait. tetapi yang rawan banjir tetap menjadi perioritas, tambah Isdjawardi.

"Semua berharap di tahun medatang kabupaten Inhu bebas banjir dan menjadi kota Terbersih di Riau dan kembali mendapatkan anugrah," harapnya.

Namun harapan itu dapat terealisasi dengan baik, melalui kerjasama semua pihak, buka diserahkan kepad pemkab Inhu saja, namun peran aktif semua warga Rengat, pengusaha, dan pemilik usaha apapun di kota Rengat.

"Pemkab Inhu berharap peran aktif semua lapisan masyarakat menjadi lingkungannya tetap bersih," pintanya.

Warga Rengat menyambut baik program Pemkab Inhu untuk menata kembali semua drainase yang ada di Kota Rengat, karena selama ini drainase kurang baik, hingga menyebabkan seringnya banjir dan limbah tidak bisa keluar, akibatnya bau busuk menyengat, kota Rengat terlihat jorok disepanjang drainase.
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013