Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin menggelar halalbihalal dengan pejabat dan pegawai Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) di Istana Wapres Jakarta pada Selasa.

Wapres Ma'ruf mengenakan kemeja batik hitam dengan hiasan bercorak cokelat, merah dan hijau serta kopiah, sedangkan Ibu Wury mengenakan baju kurung biru "navy" dengan kerudung warna senada dengan kain batik cokelat, tampak menyalami satu per satu seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Setwapres selama sekitar setengah jam.

Pegawai yang ikut halalbihalal termasuk pengemudi hingga petugas kebersihan yang mengantre untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Para jurnalis yang biasa meliput kegiatan Wapres juga turut bersalaman dengan mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

Setelah bersalaman, pegawai Setwapres mendapatkan pembagian kotak makanan siang di pintu keluar ruangan.

Kegiatan tersebut selain momentum perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M di lingkungan Setwapres, juga menjadi sarana Wapres untuk bertatap muka secara langsung dengan para pejabat dan pegawai setelah libur Lebaran tahun ini.

Usai melakukan halalbihalal dan silaturahmi dengan keluarga besar Setwapres, Wapres Ma'ruf kembali melanjutkan agenda kenegaraan lainnya.

Turut hadir pada acara halalbihalal tersebut Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika beserta istri, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto serta jajaran Staf Khusus dan Tim Ahli Wapres.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ad interim Mahfud MD telah mengeluarkan Surat Menteri PANRB ad interim No. B/480/ M.KT.01/2023 pada 24 April 2023 yang meminta agar instansi pemerintah diimbau untuk menunda menggelar kegiatan halalbihalal pasca-libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah.

Mahfud menambahkan kegiatan halalbihalal bisa diadakan setelah 2 Mei 2023, pekan pertama usai cuti bersama sehingga diharapkan instansi pemerintah langsung fokus menyelenggarakan pelayanan publik.

Mahfud juga meminta agar Kementerian BUMN berkenan menindaklanjuti himbauan ini kepada lingkungan dunia usaha di bawahnya.
 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023