Bandung (ANTARA) - Pengelola Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo Garden) menyebutkan bahwa sekitar 49.000 orang mengunjungi fasilitas wisata di Kota Bandung, Jawa Barat tersebut dalam periode cuti lebaran 2023 pada 22 April 2023 sampai 1 Mei 2023.

Marketing Komunikasi Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafi'i menjelaskan pada periode tersebut, kunjungan tertinggi adalah pada H+4 lebaran  tanggal 26 April 2023, dimana pengunjung mencapai sekitar 8.000 orang.

"Sejumlah spot yang paling diminati warga adalah kubah burung, sidewalk rusa dan juga feeding hewan seperti bintuong, rusa, jerapah dan animal show menjadi daya tarik Kebun Binatang Bandung tahun 2023 ini," kata Sulhan di Bandung, Selasa.

Jika dibandingkan dengan 2022, lanjut Sulhan, jumlah pengunjung tersebut mengalami penurunan sekitar tujuh sampai 10 persen untuk periode waktu yang sama, namun pengunjung di lebaran tahun 2023 ini terbilang tetap terjaga.

"Saya kurang tahu detilnya, tapi kalau persentase pada 2022 sekitar 7-10 persen di atas tahun 2023, tapi jumlah pengunjung Kebun Binatang Bandung tahun 2023 ini tetap terjaga walau terdapat sedikit penurunan," ucapnya.

Adapun pengunjung terbanyak Kebun Binatang Bandung, kata Sulhan, berasal dari luar Kota Kembang seperti Sumedang, Cirebon, Subang, Indramayu, Cianjur, Garut, Sukabumi dan lainnya yang sengaja ingin merayakan lebaran dengan makan bersama (botram) di fasilitas tersebut.

"Pengunjung 60 persen adalah orang-orang dari daerah luar kota Bandung, yang secara tradisional datang ke kebun binatang Bandung untuk merayakan lebaran mereka, tujuannya satu, ingin botram di Kebun Binatang Bandung," ucapnya.

Disebutkan oleh Sulhan, Kebun Binatang Bandung, memang sejak dulu sudah menjadi spot yang cukup akrab dengan kebiasaan warga untuk makan bersama tersebut.

"Alhamdulillah tahun ini pun kita menyaksikan sebagian besar orang datang dengan membawa makanan dan juga membawa berbagai kue lebaran kemudian mereka merayakan lebaran Idul Fitri di Bandung Zoo Garden kami berharap tahun depan Kebun Binatang Bandung bisa memberikan yang terbaik untuk pengunjung," tutur Sulhan.

Sulhan menambahkan bahwa dalam menyambut libur Lebaran 2023 ini, pihaknya sudah merapikan berbagai area dan juga membangun kandang baru sejak tiga bulan terakhir untuk memberi nuansa baru pada pengunjung.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023