saat ini lokasi kebakaran diguyur hujan
Meulaboh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat menyebutkan kebakaran lahan kebun masyarakat seluas 1,3 hektare di Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, yang terjadi sejak Ahad (30/4) lalu, pada Selasa sore sudah berhasil dipadamkan.

“Alhamdulillah, saat ini kondisi kebakaran sudah padam dan kondisi saat ini lokasi kebakaran diguyur hujan,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Aceh Barat, Mashuri kepada ANTARA di Meulaboh, Selasa malam.

Mashuri menjelaskan, ada pun luas areal yang sebelumnya terbakar meliputi dua titik yaitu pada titik pertama seluas 0,91 hektare dan di lokasi kedua seluas 0,44 hektare.

Menurutnya, guna melakukan pemadaman api, BPBD Aceh Barat turut mengerahkan dua unit kendaraan roda empat ke lokasi kebakaran, yaitu satu unit Isuzu D-MAX dan satu unit mobil bak terbuka.

Baca juga: BPBD Aceh Barat tingkatkan sosialisasi cegah kebakaran hutan dan lahan
Baca juga: Cuaca panas picu kebakaran hutan dan lahan di Aceh Tamiang


Pihaknya juga turut mengerahkan peralatan pemadaman berupa satu unit mesin Kohler dan satu unit mesin Robin untuk membantu pemadaman di lahan masyarakat

Upaya pemadaman api juga melibatkan personel Polres Aceh Barat, Polsek Johan Pahlawan, Kodim 0105 Aceh Barat, RAPI Johan Pahlawan, serta Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Lapang, Meulaboh.

Meski sudah berhasil melakukan pemadaman api, Mashuri mengatakan penyebab terjadinya kebakaran lahan kebun di kawasan tersebut sejauh ini belum diketahui secara pasti.

Ia mengatakan, hingga Selasa malam upaya pemadaman api di lokasi kebakaran telah dihentikan, dan kondisi di lokasi kebakaran juga diguyur hujan, demikian Mashuri.

Baca juga: Kapolda Aceh : Pembakaran lahan dapat dipidana
Baca juga: BMKG: Aceh mulai musim kemarau, waspada kebakaran hutan dan lahan
Baca juga: Polres Aceh Barat sosialisasi pencegahan karhutla bersama warga

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023