lokasi yang dimaksud yakni di wilayah Waterfront Labuan Bajo, Jalan Soekarno Hatta atas dan bawah, lokasi pemandangan Puncak Waringin
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengungkapkan sejumlah lokasi telah ditata dalam menunjang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN/ASEAN Summit yang akan digelar pada 9-11 Mei 2023.

Adapun lokasi yang dimaksud yakni di wilayah Waterfront Labuan Bajo, Jalan Soekarno Hatta atas dan bawah, lokasi pemandangan Puncak Waringin, Batu Cermin hingga Loh Buaya di Pulau Rinca yang beberapa waktu lalu sempat dikunjungi Presiden Joko Widodo dan keluarga.

“Fasilitas di Bandara Komodo telah diperbaiki semuanya dan disiapkan untuk menyambut tamu-tamu ASEAN Summit maupun wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara yang datang,” ujarnya Shana Fatina dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Shana menambahkan aktivitas pelabuhan akan dilakukan melalui Pelabuhan Labuan Bajo, sehingga embarkasi untuk semua kapal wisata akan dilakukan melalui kawasan Marina.

Di sisi lain, pelaku industri di kawasan Labuan Bajo menurutnya semuanya antusias menyambut KTT ini, termasuk pemda, komunitas hingga gereja yang turut mengimbau umatnya untuk dapat menciptakan suasana kondusif selama kegiatan berlangsung.

Baca juga: Sandiaga: 38 hotel masih tersedia di Labuan Bajo jelang KTT ASEAN

Baca juga: Kemenparekraf siapkan helpdesk informasi wisata saat ASEAN Summit


“Bahkan ada instruksi khusus dari gereja juga untuk memastikan bahwa semua masyarakat Labuan Bajo agar bisa menciptakan suasana kondusif dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, kehadiran KTT ASEAN yang bertepatan dengan musim puncak ini yang mana sejumlah hotel telah dipesan setahun sebelumnya oleh wisatawan turut menyebabkan ketersediaan yang bersaing.

Namun demikian, ada alternatif akomodasi lain yang dapat digunakan seperti kapal pinisi serta Kapal Motor (KM) Sinabung milik PT Pelni yang mampu menampung ratusan orang yang digunakan panitia dan tim pengamanan.

Masyarakat pun turut serta menyewakan tempat tinggal untuk membantu menambah jumlah akomodasi.

“Prinsipnya adalah semuanya sangat senang dan siap menyukseskan ASEAN Summit,” pungkasnya.

Baca juga: Wagub imbau semua warga NTT sambut tamu KTT ASEAN di Labuan Bajo

Baca juga: Manggarai Barat batasi aktivitas kendaraan barang saat ASEAN Summit


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023