keterlambatan tersebut disebabkan oleh pengalihan rekening gaji dari Bank Mandiri ke BRI, serta sejumlah kendala yang dialami oleh bendahara dalam proses pencairan gaji.
Gorontalo (ANTARA News) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengklarifikasi persoalan keterlambatan gaji sebagian Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah provinsi, saat apel kerja, Senin.

"Saya sudah perintahkan kepada seluruh bendahara untuk membayarkan gaji PNS hari ini juga, agar tidak ada keluhan dari pegawai," ujar Rusli.

Menurutnya keterlambatan tersebut disebabkan oleh pengalihan rekening gaji dari Bank Mandiri ke BRI, serta sejumlah kendala yang dialami oleh bendahara dalam proses pencairan gaji.

Meski demikian, sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemprov telah mencairkan gaji kepada seluruh pegawainya.

Gubernur meminta keterlambatan gaji tidak dipolitisir oleh pihak-pihak tertentu, sehingga menimbulkan gejolak di kalangan pegawai.

"Jangan sampai ada isu bahwa pemerintah provinsi tak mampu bayar gaji PNS, karena pada kenyataannya duit pemprov itu banyak," tukasnya.

Pemprov sendiri, kata dia, tak berniat untuk memperlambat pencairan gaji bulan Januari dan justru berupaya untuk segera memenuhi hak-hak pegawai.

Bahkan pemprov akan meningkatkan kesejahteraan seluruh pegawainya, dengan memberikan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yang jumlahnya sesuai beban kerja mulai tahun 2013.

Ia juga menghimbau para pegawai untuk melapor kepadanya, bila hingga Senin sore (7/1) gaji tidak dibayarkan atau belum masuk rekening BRI.
(D015)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013