London (ANTARA) - Upacara penobatan Raja Charles pada Sabtu mendatang (6/5) akan menjadi pertunjukan arak-arakan termegah di Inggris selama satu generasi terakhir dan akan mendorong ekonomi negara tersebut, kata penyelenggara dan Istana Buckingham.

Charles, bersama istrinya Camilla, akan dimahkotai di Westminster Abbey, London dalam sebuah peristiwa bersejarah yang telah dilestarikan sejak 1.000 tahun yang lalu.

Acara penobatan itu akan melibatkan ribuan personel militer dalam prosesi sepanjang sekitar 1,6 kilometer di pusat Kota London.

"Ini adalah momen yang membanggakan dalam sejarah nasional kita," kata Earl Marshal Edward Fitzalan-Howard, Duke of Norfolk sekaligus bangsawan senior Inggris.

Sekitar 7.000 personel angkatan bersenjata Inggris akan terlibat dalam tugas seremonial, dengan lebih dari 4.000 orang, termasuk band militer, ambil bagian dalam prosesi dari gereja kembali ke Istana Buckingham--di mana raja dan ratu yang baru dinobatkan akan diberikan penghormatan kerajaan di taman.

"Ini akan menjadi arak-arakan yang megah", kata Fitzalan-Howard.

Baca juga: Inggris beri turis kesempatan telusuri jejak penobatan Raja Charles

Para bangsawan akan melambaikan tangan kepada orang banyak dari balkon Istana Buckingham sesudahnya, dan akan ada penerbangan pesawat militer.

Seperti yang telah diakui pihak istana sebelumnya, acara untuk Charles itu sendiri akan berbeda dengan acara untuk Ratu Elizabeth tujuh dekade lalu, sehingga mencerminkan era yang berbeda.

Hanya akan ada 2.300 tamu di Westminster Abbey dibandingkan dengan 8.000 tamu yang menonton (Ratu Elizabeth) pada tahun 1953, meskipun 100 kepala negara masih akan hadir.

Upacara penobatan Charles juga akan jauh lebih singkat.

Para kritikus mempertanyakan biaya penobatan yang mewah ketika publik menghadapi krisis biaya hidup, tetapi seorang juru bicara istana mengatakan ada laporan bahwa lebih dari 1 miliar poundsterling (sekitar Rp18,4 triliun) diperkirakan mengalir ke Inggris.

"Bukan hak saya untuk mengatakan seberapa akurat angka-angka itu, tetapi yang pasti teori itu berkaitan bahwa perayaan tersebut merupakan dorongan ekonomi yang sangat besar bagi bangsa," kata juru bicara Istana Buckingham.

Sumber: Reuters

Baca juga: Raja Charles sebut Ratu Elizabeth inspirasi untuk Persemakmuran

Baca juga: Penobatan Raja Charles akan dirayakan dengan pesta jalanan

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023