Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 65 lembar foto berwarna yang berasal dari tur pertama band asal Inggris di Amerika Serikat akan dilelang.

Dalam foto-foto itu, terekam kegiatan The Beatles selama di panggung, termasuk ketika George Harrsion sedang bersama gitar Rickenbacker merahnya, yang juga muncul di film mereka "A Hard Day's Night".

Dalam tur tahun itu, band memainkan serangkaian konser yang laku keras pada tahun 1964 setelah penampilan mereka di acara Ed Sullivan, Februari tahun itu.

Menurut BBC, foto-foto itu belum pernah dipublikasikan.

Anggota Fanc Club The Beatles di Inggris, Ernie Sutton mengatakan "Foto-foto ini menunjukkan The Beatles saat tur tahun 1964 mereka, di panggung maupun di luar panggung."

"Foto-foto baru dari The Beatles selalu menarik bagi penggemarnya, terutama foto tur yang hitam-putih. Tapi, senang juga melihat foto berwarna dari zaman itu," tambah Sutton.

Foto-foto band beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison itu diambil oleh seorang ahli fisika bernama Dr. Robert "Bob" Beck.

Beck meninggal tahun 2002 dan meninggalkan banyak arsip fotografi di kediamannya di Hollywood.

Selain foto-foto saat mereka konser di Las Vegas Convention Center Gig, Beck juga mengambil gambar close-up saat band mengadakan konferensi pers di Hotel Sahara, Las Vegas.

Ia juga merekam momen saat The Beatles berpesta di rumah mantan Presiden Capitol Records, Alan Livingston.

Foto The Beatles akan dilelang 22 Maret mendatang, 50 tahun setelah mereka merilis album pertama berjudul "Please Please Me".

"Ini koleksi luar biasa, apalagi semuanya berwarna," kata juru lelang Omega Auctions di Stockport, Chesire, Inggris Raya.

Foto itu juga akan dijual bersama hak cipta dan diperkirakan mencapai 10 ribu hingga 15 ribu poundsterling.
(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013