Medan (ANTARA News) - Timnas Sepakbola Indonesia sudah mulai menggelar pemusatan latihan atau training camp di Stadion Mini Universitas Sumatera Utara (USU), Senin, untuk persiapan menghadapi Pra Piala Asia (PPA) tahun 2015, namun dari 51 pemain yang dipangil baru 11 pemain yang bergabung.

Beberapa pemain yang sudah tampak bergabung mengikuti latihan perdana tersebut di antaranya, Rasyid Assaid, Denni Marcell, Handi Ramdhan, Wahyu Tri Nugroho, Slamet Nur Cahyo, Yorgen Wayega, Fasco Manibor Syaiful Indra Cahya, dan Ketut Mahendra.

Sosok yang selama ini menjadi langganan timnas yang juga turut dipanggil di TC di Medan tersebut belum terlihat bergabung, seperti Okto Maniani, Boaz Salossa, Patrich Wanggai, Immanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Atep, M. Ridwan, Ahmad Bustomi, Andik Vermansyah, Irfan Bachdim dan Bambang Pamungkas.

Ketua Umum PSSI Djohar Arifin dalam kesempatan yang sama mengatakan, pada latihan perdana ini, belum semua pemain bisa bergabung karena masih menyelesaikan beberapa keperluan di daerahnya masing-masing ataupun masih memperkuat klubnya.

Namun ia memastikan dalam dua atau tiga hari mendatang, pemain-pemain yang dipanggil memperkuat Timnas sudah akan segera bergabung dengan pemain-pemain lainnya yang lebih dulu tiba di Medan.

"Memang belum semuanya datang, karena masih mengurus berbagai keperluan di tempatnya masing-masing atau pun di klubnya masing-masing. Kebiasaannya memang dalam setiap TC baru tiga atau empat hari kemudian baru bisa lengkap," katanya.

Ia juga memastikan belum bergabungnya beberapa pemain tersebut tidak akan mengganggu materi latihan yang diberikan pelatih Nil Maizar kepada anak-anak asuhannya, mengingat tentunya pelatih sudah memiliki program tersendiri mengantisipasi kekurangan pemain.

Sesuai program, kata dia, tanggal 14 Januari 2012 ini tim setidaknya sudah terbentuk, sehingga untuk selanjutnya pelatih sudah bisa menerapkan latihan yang lebih terpadu, baik stamina, kerjasama tim, maupun kemampuan mengolah bola.

Untuk selanjutnya, kata dia, pada tanggal 28 Januari, tim akan berangkat ke Yordania, untuk menghadapi laga ujicoba dengan Timnas Yordania. Dipilihnya Yordania sebagai lawan ujicoba berdasarkan pemahaman bahwa tipikal permainannya hampir sama dengan Irak yang akan di hadapi di PPA nanti.

Dari hasil undian yang diselenggarakan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Melbourne, Australia, pada Pra Piala Asia nanti Indonesia akan bersaing dengan Irak, Arab Saudi, dan China di Grup C. Di laga pertama Irfan

Bachdim dan kawan-kawan akan menghadapi Irak, 6 Februari 2013.
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013