Gorontalo (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengembangkan wilayah pesisir menjadi destinasi wisata unggulan di daerah itu.

"Banyak pengakuan publik yang menyatakan wilayah pesisir kita sangat indah," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara, Robin Daud, di Gorontalo, Rabu.

Dijelaskannya memanjang dari wilayah timur di Kecamatan Atinggola hingga wilayah barat di Kecamatan Tolinggula layak dikembangkan menjadi destinasi wisata baru di Provinsi Gorontalo maupun kabupaten ini.

Pihaknya  merancang beberapa potensi objek wisata unggulan yang dimiliki termasuk di sepanjang pesisir wilayah barat kabupaten itu, mulai dari Kecamatan Tolinggula hingga Kecamatan Anggrek.

"Kita pun akan memadukan atraksi dan keindahan alam yang ada untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan," katanya.

Seperti yang sementara dirancang pada layanan atraksi destinasi wisata taman Pantai Minanga di Desa Kota Jin Utara, Kecamatan Atinggola, di wilayah timur kabupaten ini, dengan mengangkat atraksi unik (unique atraction) diantaranya seni bela diri Langga.

Pengembangan wisata dengan memadukan keindahan alam dan atraksi, diyakini akan mampu lebih kuat menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Komandan Kodim (Dandim) 1314 Gorontalo Utara, Letkol Czi Adityo Bangun Pratomo, mengaku kagum melihat pemandangan alam pesisir di wilayah tersebut.

Dandim  mengaku menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa  saat mengikuti kirab Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten ke 16 pada 1 Mei 2023, dengan mengendarai sepeda motor dari ujung barat pesisir di Kecamatan Tolinggula.

"Sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan selama menjabat sebagai Dandim 1314. Saya bersama isteri, mendapat kesempatan menikmati aneka pemandangan menarik di sepanjang perjalanan kirab bendera pataka yang digelar pemerintah daerah," katanya.

Ia meyakini, keseriusan pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata mengandalkan kekayaan bahari yang dimiliki, yaitu pesisir indah dengan pantai pasir putih dan jejeran pulau, akan berbuah manis.

Dirinya yakin, dengan perencanaan, program dan promosi yang tepat, pariwisata daerah ini akan dikenal luas di Nusantara bahkan dunia.

"Tentunya wisatawan akan tertarik berkunjung dan memilih lama tinggal untuk menikmati suguhan pariwisata yang indah," katanya pula.

Keindahan alam yang tersaji  membuat capek perjalanan pun sirna," ucapnya.


Baca juga: Atlet paralayang atraksi "fun fly" promosikan wisata Gorontalo Utara


Baca juga: Festival Apangi, wisata religi Gorontalo bertabur doa sambut Muharram

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023