Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa bidang hukum terjadi pada Rabu (3/5), mulai dari pemerintah resmi membentuk Satgas TPPU transaksi janggal Rp349 triliun hingga kesiapan Polri terkait pengamanan KTT ASEAN.

Berikut rangkumannya.

1. Pemerintah resmi bentuk Satgas TPPU transaksi janggal Rp349 triliun

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan bahwa Pemerintah secara resmi telah membentuk satuan tugas untuk mensupervisi penanganan dan penyelesaian dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam transaksi janggal senilai Rp349 triliun di Kementerian Keuangan.

Mahfud, yang juga Ketua Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan (KNPP) TPPU, menyampaikan pembentukan satgas tersebut sesuai hasil rapat Komite KNPP TPPU pada 10 April 2023 yang kemudian disampaikan kepada DPR RI melalui rapat dengar pendapat di Komisi III DPR RI sehari berselang.

Selengkapnya di sini.

2. PN Jaksel tolak gugatan praperadilan Lukas Enembe

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menolak gugatan praperadilan tersangka dugaan suap dan gratifikasi Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe.

"Mengadili, dalam pokok perkara, menyatakan menolak permohonan praperadilan untuk seluruhnya," kata Hakim Tunggal Hendra Utama Sutardodo dalam pembacaan amar putusan di PN Jaksel, Rabu.

Selengkapnya di sini.

3. KPK tetapkan 2 tersangka baru terkait kasus Lukas Enembe

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua orang tersangka baru terkait kasus dugaan korupsi dengan tersangka Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe.

"KPK telah tetapkan Kadis PUPR Provinsi Papua sebagai tersangka dalam perkara ini," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini.

4. Kapolri pastikan kesiapan Command Center Polri untuk KTT ASEAN

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan kesiapan 91 Command Center Labuan Bajo sebagai pusat kendali operasi seluruh aktivitas dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Kita mengecek beberapa titik dan salah satunya itu di 91 Command Center, pusat kendali operasi seluruh kegiatan yang kita laksanakan," kata Kapolri kepada wartawan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu sore.

Selengkapnya di sini.

5. Kapolri sebut akan ada rekayasa lalu lintas saat KTT ASEAN

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyebut, selama penyelenggaraan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan ada rekayasa lalu lintas, sehingga masyarakat diminta pengertiannya saat kebijakan tersebut diterapkan.

"Tentunya ada pengalihan-pengalihan arus," kata Sigit dalam keterangan tertulis usai mengecek kesiapan 91 command center Labuan Bajo, Rabu.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023