Pekanbaru (ANTARA News) - Orkestra Sekolah Tinggi Seni Riau (STSR) menyajikan beragam genre musik, dari musik klasik, jazz hingga Melayu, dalam konser bertajuk "Sembang Bunyi 12" di Anjung Seni Idrus Tintin, Pekanbaru, Senin (7/1) malam.

Dengan arahan konduktor Arman Rambah, orkestra yang terdiri atas anak-anak muda itu memukau sekitar seratus pengunjung konser dengan 12 lagu dari beragam genre musik.

Mereka membuka pagelaran dengan klasik "Eine Kleine Nachtmusik" karya Wolfgang Amadeus Mozart. Mereka juga menyuguhkan lagu Melayu lama seperti "Seroja" dan "Pantai Solop."

Dalam pertunjukan itu Orkestra STSR juga berkolaborasi dengan sejumlah band dari aliran berbeda seperti Bujanggi dan Belacan Aromatic. Mereka mengiringi kedua band itu tampil.

Bujanggi tampil memadukan musik Melayu, klasik, dan jazz saat membawakan lagu berjudul "Damak" dan "Sendalu".

Sementara Belacan Aromatic menghentak dengan memainkan alat musik tradisional gambus dan memainkan dua lagu ciptaan sendiri yang berjudul "Jelatik" dan "Cabuh".

"Kami mengangkat budaya musik Melayu Zapin yang mendayu yang jadi lebih menghentak dengan paduan musik rock," kata pemimpin grup Belacan Aromatic, Mat Rock.

Konser yang berlangsung sekitar dua jam itu ditutup dengan lagu rentak Melayu "Joget Perpisahan". Pengunjung pun pulang dengan hati terhibur.

Rahmat Andika (30) menyukai konser itu dan berharap pertunjukan serupa lebih sering digelar di Kota Pekanbaru. "Dan akan lebih bagus lagi kalau tata lampu pertunjukan lebih terang dan meriah," katanya.

(F012)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013