Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan inflasi pada April 2023 di tengah Ramadhan dan Lebaran tetap stabil karena sinergi yang kuat antara Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Daerah (TPID).

“Selain itu juga didukung cuaca yang relatif kondusif sehingga pasokan pangan terutama produk hortikultura terjaga dan ditopang panen yang berlangsung Maret- April,” kata Airlangga dikutip dari keterangan resmi, Kamis.

Sebagai upaya mengendalikan harga pangan dan menjaga daya beli masyarakat, pemerintah menyelenggarakan Gelar Pangan Murah (GPM), Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), dan menyalurkan bantuan pangan berupa beras, daging ayam, dan telur ayam.

Selain itu, menurut Airlangga, pemerintah daerah juga aktif melaksanakan pasar murah untuk membantu masyarakat memperoleh bahan pangan pokok dengan harga terjangkau.

Sebelumnya BPS mencatat indeks harga konsumen (IHK) bulan April 2023 naik 0,33 persen dibandingkan bulan sebelumnya atau terjadi inflasi.

Namun, inflasi tersebut lebih rendah dari inflasi Ramadan dan Idul Fitri pada tahun 2022 yakni 0,95 persen (month to month) pada April 2022 dan 0,40 persen (month to month) pada Mei 2022.

“Kondisi cuaca yang relatif kondusif mendukung capaian inflasi April. Namun, ke depan kita perlu mewaspadai terjadinya El Nino,” kata Airlangga.

Pemerintah dan Bank Indonesia melalui TPIP dan TPID akan terus memperkuat sinergi kebijakan untuk menjaga capaian inflasi tahun 2023 dapat kembali dalam rentang sasaran sebesar 2 sampai 4 persen secara tahunan.

Adapun secara tahunan inflasi pada April 2023 tercatat sebesar 4,33 persen atau mendekati rentang target pemerintah.

Baca juga: Ekonom nilai pemerintah berhasil tekan angka inflasi selama April 2023
Baca juga: Airlangga ingatkan pemda bersiap inflasi di atas pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Pemerintah dan BI perkuat sinergi kebijakan mitigasi inflasi 2022
Baca juga: Menko: Perbaikan sektor kesehatan sokong inflasi dan PMI Manufaktur


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023