"Pengecekan berkala ini tujuannya adalah sebagai bentuk pencegahan tindak pidana korupsi,"
Madiun (ANTARA) - Tim Pengamanan Pembangunan Proyek Strategis (PPS) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Madiun melakukan pengecekan terhadap sejumlah proyek strategis yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Madiun.

Kasi Intelijen Kejari Kota Madiun Dicky Andi Firmansyah mengatakan secara berkala, petugas dari kejaksaan setempat melaksanakan pengecekan terhadap proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkot Madiun. Salah satunya dengan meninjau pembangunan Pondok Lansia di Jalan Bhakti Wijaya, Lapak Bumi Semendung, Kelurahan Klegen serta proyek peningkatan bangunan pelengkap Masjid Kuncen Jalan Argo Dali dan Jalan Retno Dumilah.

"Pengecekan berkala ini tujuannya adalah sebagai bentuk pencegahan tindak pidana korupsi," ujar Dicky Andi di Madiun, Kamis.

Dalam peninjauan lapangan tersebut, tim pengamanan pembangunan strategis (PPS) Kejari Kota Madiun juga didampingi oleh perwakilan Dinas PUPR Kota Madiun, kontraktor, konsultan pengawas, serta Inspektorat Kota Madiun.

Tim PPS meminta kepada pelaksana kegiatan dan konsultan pengawas agar fokus dalam melaksanakan kegiatan pembangunan. Serta, menjaga kualitas proyek agar jadwal pengerjaan dapat terpenuhi sesuai target.

Hal itu mengingat cuaca seluruh Kota Madiun saat ini sangat panas dan curah hujan cukup tinggi, sehingga dapat mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan tersebut.

Dicky Andi menjelaskan, Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS) merupakan bagian dari peran Intelijen Penegakan Hukum Kejaksaan khususnya Kejari Kota Madiun sebagai upaya untuk mendeteksi dini dan peringatan dini tindak korupsi.

Tujuannya dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan terhadap setiap hakikat ancaman yang mungkin timbul dan mengancam kepentingan serta keamanan di bidang pembangunan strategis daerah.

"Sehingga pelaksanaan pembangunan dapat dilaksanakan tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran," katanya.

Dicky menegaskan pengawasan dan evaluasi di area proyek yang telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Kota Madiun rutin dilakukan. Hal itu berdasarkan Keputusan Wali Kota Nomor: 050.401.023/268/2022 tanggal 16 Desember 2022 Tentang Paket Pekerjaan Strategis Pemerintah Kota Madiun Tahun Anggaran 2023.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023