Jakarta (ANTARA) -
Festival Kuliner Pecinan 2023 di Mal Ciputra, Jakarta Barat, yang diadakan pada 3-7 Mei, menghadirkan beragam kuliner khas mulai dari bakmi sampai bakso.

General Manager Mal Ciputra Jakarta Ferry Irianto saat ditemui wartawan, Kamis, mengaku mengadakan Festival Kuliner Pecinan untuk menghadirkan nuansa kuliner kawasan Pecinan (Glodok dan sekitarnya) di pusat perbelanjaan tersebut sekaligus mengenalkan wilayah Pecinan kepada masyarakat.

"Kita berharap masyarakat, terutama keluarga yang paling penting, kita punya generasi selanjutnya yang mengerti betul pada masa ayah dan ibunya ada satu daerah yang kita sebagai Pecinan, (yaitu) Glodok dan sekitarnya," kata Ferry.
 
Mal Ciputra Jakarta menggaet komunitas makanan Jangkrik Kuliner dalam penyelenggaraan Festival Kuliner Pecinan 2023. Festival makanan itu menghadirkan 34 gerai makanan yang menjual berbagai hidangan khas Pecinan seperti bakmi, kwetiau, siomay, nasi campur dan bakso babi.

Baca juga: Festival kuliner Glodok, dari Kopi Tak Kie sampai Bakmie Amoy

Festival Kuliner Pecinan 2023 juga menyajikan makanan yang halal, antara lain lumpia, bebek panggang, ketupat, hingga bubur ayam.​​​​​​​ Harga makanan yang ditawarkan di festival itu bervariasi, dari kisaran Rp 30.000 hingga Rp 200.000.
 
Mengenai akurasi rasa makanan, Ferry menyerahkan kepada konsumen karena menurut dia konsumen yang datang, baik dari kalangan vlogger makanan maupun penikmat makanan Pecinan, lebih memahami akurasi rasa makanan yang dihidangkan.​​​​​​​

Festival Kuliner Pecinan 2023 diharapkan bisa meningkatkan kunjungan ke Mal Ciputra hingga 15 persen dibandingkan hari biasa. Festival makanan itu dibuka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.​​​​​​​

Tahun ini menjadi tahun kedua penyelenggaraan Festival Kuliner Pecinan. Pada tahun lalu festival kuliner itu menghadirkan 29 gerai kuliner khas kawasan Pecinan.​​​​​​​

Baca juga: Sandi: Desa Wisata Pecinan Glodok punya daya tarik budaya dan sejarah

Baca juga: Festival kuliner Ubud 2023 usung pentingnya konservasi tanah

Baca juga: Menonton musik sambil kulineran di Pasar Musik Festival 2023

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023